PT Charoen Pokphand Hibah Kandang Canggih ke Unibraw

KANDANG CANGGIH: Teaching Farm Closed House PT CPI yang dihibahkan ke Universitas Brawijaya. | Foto: Barometerjatim.com/IST
KANDANG CANGGIH: Teaching Farm Closed House PT CPI yang dihibahkan ke Universitas Brawijaya. | Foto: Barometerjatim.com/IST

MALANG, Barometerjatim.com – Pelopor industri perunggasan di Indonesia, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPI) menghibahkan Teaching Farm Closed House dan Entrepreneur Teaching Center (ETC) kepada Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang.

Hibah diresmikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa secara virtual, Kamis (10/12/2020), diikuti Presiden Direktur (Presdir) PT CPI, Tjiu Thomas Effendy; Rektor Unibraw, Prof Nuhfil Hanani; dan Dekan Fakultas Peternakan Unibraw, Prof Suyadi.

Presdir PT CPI, Tjiu Thomas Effendy menuturkan, peresmian kandang cangguh ayam broiler bersistem closed house dan pusat pelatihan wirausaha ini, merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) PT CPI untuk mencetak lulusan Unibraw menjadi sarjana yang ampuh dan tangguh.

“Kehadiran ETC dan Teaching Farm Closed House, juga diharapkan bisa turut mewujudkan swasembada pangan di bidang unggas,” katanya.

Menurutnya, program CSR ETC dari PT CPI untuk Unibraw adalah kali ketiga setelah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kita ingin dosen dan mahasiswa menjadi entrepreneur dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri,” harapnya.

Kehadiran ETC di Fakultas Peternakan Unibraw, lanjut Thomas, bisa menjadi media awal dalam upaya mencetak calon entrepreneur di kalangan kampus. Misalnya, mahasiswa bisa menawarkan produk-produk yang dihasilkan ETC kepada rekan maupun tetangga.

“Ini adalah tujuan kita menghibahkan ETC ke perguruan tinggi,” tandasnya.

Hibah Teaching Farm Closed House di Unibraw, lanjut Thomas, sekaligus melengkapi sembilan hibah kandang canggih dan modern tersebut yang telah dilakukan PT CPI di beberapa universitas ternama lainnya. Di antaranya Universitas Andalas dan IPB Bogor dengan fokus pada peternakan ayam boiler.

Namun, untuk Fakultas Peternakan Unibraw akan difokuskan pada ayam petelur saja, serta dalam waktu dekat akan ada hibah lagi untuk beberapa universitas lainnya.

“Semua bertujuan untuk mencapai apa yang kita cita-citakan bersama, yaitu sarjana peternakan yang siap pakai,” ungkap Thomas.

Dibuat Sarana Penelitian

DUKUNG WIRAUSAHA: Hibah pusat pelatihan wirausaha dari PT CPI untuk Universitas Brawijaya. | Foto: Barometerjatim.com/IST
DUKUNG WIRAUSAHA: Hibah pusat pelatihan wirausaha dari PT CPI untuk Universitas Brawijaya. | Foto: Barometerjatim.com/IST

Dekan Fakultas Peternakan Unibraw, Prof Suyadi mengatakan, hibah dari PT CPI merupakan langkah konkret dan strategis dalam membangun SDM unggul dalam bidang peternakan.

Kedua hibah tersebut, akan digunakan sebagai sarana penelitian oleh dosen dan mahasiswa sebagai syarat tugas akhir.

“Terima kasih kepada Charoen Pokphand karena telah berkontribusi positif dalam dunia pendidikan,” ucap Suyadi.

Senada, Rektor Unibraw, Prof Nuhfil Hanani mengapresiasi bantuan hibah tersebut sebagai bentuk kerja sama yang luar biasa.

“Ini adalah bentuk kerja sama triple helix antara dunia pendidikan, pemerintah, dan swasta. Insyaallah dengan gabungan tiga komponen ini Indonesia bisa maju,” katanya.

Bantuan ini, lanjut Prof Nuhfil, sangat bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian. Dia juga berharap agar kepeloporan PT CPI bisa memicu tumbuhnya entrepreneur bidang peternakan.

Sementara Gubernur Jatim, Khofifah menjelaskan, inovasi strategis berupa hibah PT CPI kepada Fakultas Peternakan Unibraw bisa bersinergi dengan rencana pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH) yang tengah dirancang oleh Pemprov Jatim.

Dua hibah tersebut, menurut Khofifah, sekaligus membentuk ekosistem dan akses market guna mewujudkan cita-cita bangsa menjadi eksportir halal food. Sebab, saat ini Indonesia masih menjadi importir halal food terbesar di dunia,  dengan daftar negara pemasok tertinggi dari Brasil disusul Italia.

“Saya mohon ini kemudian menjadi bagian dari penguatan menjadi eksportir halal food. Inisiasi ini mudah-mudahan akan bersambung dengan semua ikhtiar yang sedang dikembangkan,” ujar Khofifah..

HIBAH: Peresmian hibah kandang ayam canggih dan pusat pelatihan wirausaha secara virtual. | Foto: Barometerjatim.com/IST
HIBAH: Peresmian hibah kandang ayam canggih dan pusat pelatihan wirausaha secara virtual. | Foto: Barometerjatim.com/IST

» Baca Berita Terkait Kampus