Peringatan HAN: Bunda Khofifah, Kapan Boleh Sekolah Lagi?

HAN 2020DI GRESIK: Adiba Aqilla (kiri atas) dan Anindita Nurwakit saat curhat ke Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
HAN 2020 DI GRESIK: Adiba Aqilla (kiri atas) dan Anindita Nurwakit saat curhat ke Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

GRESIK, Barometerjatim.com – Empat bulan sudah, anak-anak di Jatim dan seluruh Indonesia hanya bisa belajar secara formal di rumah. Sekolah masih diliburkan, lantaran pandemi Corona (Covid-19) tak kunjung melandai.

Bagi anak-anak, terutama yang masih duduk di bangku PAUD dan TK, sekolah di rumah rupanya membosankan. Mereka rindu ingin kembali ke sekolah, belajar, sekaligus berinteraksi dengan teman dan gurunya.

Mereka pun mencurahkannya kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam dialog secara virtual saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Jatim 2020 di Kampung Wisata Setigi, Kelurahan Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik, Rabu (29/7/2020).

“Adiba lho ingin sekolah lagi Bunda,” kata Adiba Aqilla, siswi PAUD BEN Sholeh Sumber Rejo, Kabupaten Blitar.

Melihat curhat bocah PAUD yang lucu dan menggemaskan tersebut, gubernur perempuan pertama di Jatim itu terlihat tersenyum penuh sayang dan keibuan.

“Iya, iya Nak. Doakan ya supaya Covid-nya cepat ngilang ini. Jadi supaya sehat semuaya ya Nak, sekarang masih harus sabar dulu anak-anak,” jawab Khofifah.

Bosan di Rumah Terus

BERPRESTASI: Khofifah memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi di HAN 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BERPRESTASI: Khofifah memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi di HAN 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Hal sama dicurhatkan Anindita Nurwakit, siswi TK Negeri Pembina Kota Surabaya. “Bu Khofifah, Anin mau bertanya, kapan Anin boleh sekolah lagi?” katanya.

“Anin kangen belajar di sekolah sama teman-teman dan ibu guru. Anin bosan di rumah terus,” sambungnya, yang membuat Khofifah lagi-lagi tersenyum melihat kelucuan bocah-bocah tersebut.

Mantan Menteri Sosial itu lantas menimpali, “Ini teman-temannya Anindita, kakak-kakaknya yang di sini, betul kangen mau ke sekolah Nak?”

Lucunya, saat hal itu ditanyakan Khofifah ke anak-anak sebaya Anindita yang hadir di lokasi peringatan HAN 2020, malah Anindita yang menjawab, “Betul!” Hadirin pun dibuat ger-geran.

Khofifah lantas menjelaskan, saat ini memang disiapkan format agar anak-anak bisa masuk sekolah lagi tapi dibuat secara bergantian.

“Mungkin 20 persen dulu yang masuk, besoknya lagi 20 persen. Supaya sudah terus ada proses pembelajaran, yang virtual jalan tapi yang langsung proses belajar mengajar juga jalan,” katanya.

Secara bertahap, format tersebut mulai diterapkan di jenjang SMA dan SMK. Tapi untuk PAUD dan TK penerapannya memang harus sangat hati-hati.

“Takutnya begini lho Anindita, nanti Anindita pakai masker gambarnya apa, temannya pakai masker gambarnya lain, terus tukar-tukaran masker Nak, he.. he..” kata Khofifah.

“Ndak boleh ya Anindita ya, nanti kalau sudah masuk ndak boleh tukar-tukar masker ya Nak. Iya makasih Anindita,” imbuhnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona