Pilketum IKA Unair, Mahasiswa Harap Musyawarah Mufakat

MAHASISWA BERSUARA: Refi Achmad (kiri), harap Pilketum IKA Unair berlangsung musyawarah mufakat. | Foto: Barometerjatim.com/IST
MAHASISWA BERSUARA: Refi Achmad (kiri), harap Pilketum IKA Unair berlangsung musyawarah mufakat. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair/UA) turut bersuara soal Pemilihan Ketua Umum (Pilketum) Ikatan Alumni (IKA) Unair pada Kongres X, 3 Juli mendatang.

Salah satunya yakni mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Refi Achmad. Dia berharap pemilihan ketum IKA Unair bisa dilakukan secara musyawarah mufakat.

“Dirasa sangat penting mendorong mekanisme pemilihan IKA Unair ini secara musyawarah mufakat,” katanya dalam keterangan tertulis kepada Barometerjatim.com, Sabtu (26/6/2021).

“Dan menjadi lebih baik rasanya, jika calon ketua IKA Unair nantinya memiliki mobilitas tinggi di lingkup kampus Unair, yang letaknya di Jatim, tepatnya Surabaya,” sambungnya.

Sebagai mahasiswa yang nantinya akan merasakan peranan sebagai alumni, Refi yang juga ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Surabaya, berharap peran IKA mampu menunjukkan jiwa korsa terhadap almamater.

“Melalui program secara keberlanjutan setidaknya mampu untuk memberikan suntikan semangat baru kepada mahasiswa yang akan purna, untuk melanjutkan jenjang karir pekerjaan yang lebih baik guna membanggakan nama kampus,” katanya.

“IKA Unair adalah wadah strategis, taktis, dan penuh dengan potensi. Ada banyak alumni Unair memberikan kontribusi pada bangsa dan negara,” tandasnya.

Namun di era yang penuh disrupsi dan krisis ini, Rafi kembali berharap alumni Unair perlu memperluas dan memperbesar jejaring, agar bisa mengaktualisasikan serta memberi kontribusi pada masyarakat.

“Era ini penuh dengan disrupsi, banyak gangguan-gangguan tak terduga yang bisa membuat ekonomi nasional, atau bahkan dalam tingkat terkecil sekalipun, goyah. Maka dari itu, alumni Airlangga perlu untuk berkolaborasi demi tidak tergerus arus disrupsi,” tuntas Rafi.

Seperti diketahui, Pilketum IKA Unair periode 2021-2025 diikuti delapan calon. Yakni Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani; Tim Ahli Menteri Bidang Perekonomian RI dan Direktur Akar Rumput Strategic Consulting, Dimas Oky Nugroho.

Lalu Ketua IKA UA Wilayah Jawa Timur serta Ketua Prodi Ilmu Kedokteran S3 Unair, Prof Hendy Hendarto; Pengusaha, Indra Nur Fauzi; Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa; Direktur RSUD Dr Saiful Anwar Malang, Kohar Hari Santoso; Wakil Ketua Umum PB IDI 2018-2021; Moh Adib Khumaidi; serta Pengusaha, Paulus Totok Lucida.

» Baca Berita Terkait Unair