Isu Blegur Maju di Pilgub Jatim 2024, Ini Reaksi Ketua Golkar!

MAJU DI JATIM 2024?: Blegur Prijanggono, diisukan bakal diusung Golkar maju di Pilgub Jatim 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
MAJU DI JATIM 2024?: Blegur Prijanggono, diisukan bakal diusung Golkar maju di Pilgub Jatim 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Masih tiga tahun lagi. Meski demikian, sepekulasi nama yang akan maju di Pilgub Jatim 2024 mulai bermunculan. Salah satunya yakni anggota DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar, Blegur Prijanggono.

Apa reaksi Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji? “Oeii.. !! belum tahu malah (soal) Pak Blegur ini. Gawat iki!” selorohnya sambil menoleh Blegur yang berdiri di sampingnya, usai membuka Rakerda dan Rapimda DPD Partai Golkar Jatim di Hotal Singgasana, Surabaya, Rabu (31/3/2021).

Apakah sudah ada pembicaraan di internal Golkar Jatim? Sarmuji hanya tersenyum, “He.. he..” Ataukah Golkar akan mengusung kader lainnya? “Belum, masih jauh itu. Jadi Pilgub itu masih jauh. Peta Pilgub masih akan berubah-ubah,” sergahnya.

Sarmuji memandang, peta konfigurasi politik lokal Jatim juga akan berubah dalam dua tahun lagi. “Jadi masih jauh. Belum bisa kita bahas itu, masih ada Bu Khofifah (Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa) juga,” tandasnya.

Terlebih, kata Sarmuji, Khofifah dilihatnya masih memiliki elektabilitas yang kuat dan mengakar sekali. “Jadi andaikan Bu Khofifah itu maju lagi, ya peluang besar Bu Khofifah untuk menang Pilgub 2024 sangat terbuka,” ucapnya.

Kalau Khofifah maju di Pilpres 2024 akankah Golkar mengajukan calon dari kader? “Wah.. kalau itu, nanti beda lagi, kan masih kalau, masih jauh. Tenang aja, Belanda masih jauh,” kata Sarmuji.

Seperti diketahui, Golkar merupakan satu dari enam Parpol pegusung Khofifah-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2018. Lima Parpol lainnya yakni Demokrat, PAN, Nasdem, PPP, dan PAN.

PKB Siap Usung Kader

Jika Golkar barus sebatas diisukan, PKB bahkan tengah menyiapkan kadernya untuk maju di Pilgub Jatim 2024 yang terlontar lewat Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 DPW PKB Jatim di Pasuruan, 9-10 Januari 2021.

Hal itu sekaligus menjadi salah satu rekomendasi dan sikap politik “Green Party” pada poin ke-6 dalam Muswil, yakni merebut kepemimpinan lokal, regional, dan nasional.

“Sempat dibahas, dan kita ingin PKB mengantar calon,” kata Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah di kantor DPW PKB Jatim, 11 Januari 2021.

Soal siapa yang akan diusung, Anik menyebut PKB memiliki banyak kader mumpuni, termasuk Ketua DPW PKB Jatim yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Selain Halim, nama lain yakni Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, dan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

» Baca Berita Terkait Golkar Jatim