Rabu, 25 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

DPRD Surabaya Apresiasi Layanan Pemkot yang Kian Dekat ke Warga, tapi Perlu Upgrading ASN

Berita Terkait

SOROTI SDM ASN: Pemkot Surabaya perlu upgrading ASN di level kelurahan dan kecamatan. | Foto: IST
SOROTI SDM ASN: Pemkot Surabaya perlu upgrading ASN di level kelurahan dan kecamatan. | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – DPRD Kota Surabaya mengapresiasi layanan Pemkot yang kian mendekat ke masyarakat. Terlebih, belakangan ini sangat gencar lewat program-program terbarukan.

“Terkait pelayanan dan ASN yang semakin didekatkan ke warga, saya apresiasi dan ini harus didukung,” kata anggota Komisi A DPRD Surabaya, Fatkur Rohman, Selasa (5/4/2022).

Fatkur menjelaskan, selain program internal, Pemkot melalui Dispendukcapil juga memiliki banyak program yang bersinergi dengan instansi lain, di antaranya Kemenag dan Pengadilan Negeri (PN). Selain itu, juga ada program yang mendorong lurah untuk berkantor di Balai RW secara berkala.

Bahkan untuk mengoptimalkan program yang mendekat ke warga, Pemkot sampai berencana menggelontorkan banyak sarana prasarana penunjang kinerja seperti komputer, printer, meja, dan kursi per kelurahan. Juga pengadaaan terop/tenda, sound system, komputer, dan kursi untuk RW se-Surabaya.

Hal tersebut, lanjut Fatkur, merupakan upaya Pemkot untuk mendorong munculnya inovasi pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan sebagai solusi dampak pandemi.

Kendati demikian, ada sejumlah catatan yang diberikan Fatkur, utamanya terkait kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat kelurahan dan kecamatan. Hal ini seiring dengan beragam program yang perlu dijalankan dengan baik dan maksimal.

“Yang harus dicermati serius adalah bagaimana kualitas SDM ASN di tingkat kecamatan dan kelurahan sebagai konsekuensi dari kebijakan ini,” katanya.

Menurut politikus PKS tersebut, SDM ASN kelurahan/kecamatan kurang bersinar, masih rendah. Karena itu, diperlukan upgrading. Dia mendorong adanya peningkatan mindset entreprenuership dan manajemen modern para ASN, sehingga memunculkan ide-ide kreatif nan inovatif.

Dia mencontohkan saat Musbangkel yang melibatkan RW se-Surabaya, Pemkot menekankan perlunya RW untuk menemukan program inovasi yang berdampak pada peningkatan ekonomi warga. Namun faktanya, tidak banyak terobosan atau program inovasi yang muncul dalam dana kelurahan.

“Inilah yang menjadi catatan kita bersama. Dibutuhkan upgrading ASN di tingkat kecamatan dan kelurahan, sehingga ada peningkatan mindset entreprenuership dan manajemen modern,” kata Fatkur.

“Dengan begitu bisa berwujud pada munculnya ide-ide kreatif dan inovatif. Ini bisa menjadi perhatian BKPSDM Surabaya,” sambung Wakil Ketua Fraksi PKS itu.

Fatkur mengatakan, mapping dalam banyak hal di kecamatan dan kelurahan memang harus dilakukan. Pemetaan ini untuk melihat kelebihan dan kelemahan masing-masing wilayah. Dari sana, akan memunculkan kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran dan proporsional.

Namun menyongsong ini, menurut Fatkur, kuncinya adalah peningkatan kualitas SDM. Sekali lagi, harus ada upgrading khususnya untuk leader, yakni camat dan lurah.

“Banyak potensi lokal yang brilian, ini harus ditemukan untuk menjadi inovasi dan berdampak ekonomi. Salah satu kuncinya adalah mapping, kemudian disusun roadmap yang pas dan program yang tepat,” ucapnya.

» Baca berita terkait DPRD Surabaya. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -