Kamis, 07 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Ditutup 2 Juni, Dindik Surabaya Imbau Orang Tua Segera Cek Validasi Data CPDB

Berita Terkait

CEK VALIDASI: Validasi wajib dilakukan CPDB yang akan mendaftar jalur afirmasi. | Foto: Barometerjatim.com/IST
CEK VALIDASI: Validasi wajib dilakukan CPDB yang akan mendaftar jalur afirmasi. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Siap-siap! Dua hari lagi, Kamis (2/6/2022), proses validasi data untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMPN di Surabaya ditutup.

Validasi data merupakan proses pencocokan data pribadi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) serta penitikan alamat rumah. Ini wajib dilakukan CPDB yang akan mendaftar jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur prestasi, dan jalur zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, validasi data wajib dilakukan CPDB untuk mendapatkan PIN pendaftaran.

Bagi CPDB yang belum melakukan validasi, diimbau segera melakukan validasi di website ppdb.surabaya.go.id. “Validasi ditutup 2 Juni 2022,” tandas Yusuf, Selasa (31/5/2022).

Yusuf merinci, ada lima kategori validasi yang bisa dipilih CPDB menyesuaikan kondisi masing-masing. Untuk lulusan SD/MI di Surabaya tahun ini dengan Kartu Keluarga (KK) Surabaya, maka memilih validasi lulusan 2022.

Sedangkan lulusan tahun sebelumnya dengan KK Surabaya dengan maksimal usia 15 tahun per 1 Juli, memilih validasi lulusan tahun sebelumnya. Berikutnya ada validasi lulusan luar kota, yakni CPDB ber-KK Surabaya namun lulusan dari sekolah di luar Surabaya.

Lalu validasi paket A diperuntukan bagi CPDB yang memiliki ijazah paket dengan usia maksimal 15 tahun per 1 Juli. Terakhir yakni validasi perpindahan tugas bagi CPDB yang memiliki keterangan perpindahan tugas orang tua.

“Jumlah CPDB yang sudah melakukan validasi dan berhasil mendapatkan PIN pendaftaran, sudah mencapai angka 30 ribuan per jam 12 siang hari ini. Data berasal dari lima jenis kategori validasi tadi,” terangnya.

Yusuf pun mengimbau kepada orang tua atau wali murid serta pihak sekolah asal, untuk mengecek terkait ketuntasan melakukan validasi data. Bila dirasa ada kesulitan, bisa berkoordinasi dengan pihak Dindik Surabaya.

“Kami ingatkan kepada orang tua untuk mengecek validasi CPDB. Jika belum validasi segera lakukan validasi untuk mendapatkan PIN pendaftaran di website ppdb.surabaya.go.id,” ujarnya.

Yusuf menambahkan, masyarakat bisa mengakses informasi mengenai jadwal dan ketentuan PPDB jenjang SMP melalui laman ppdb.surabaya.go.id. Sedangkan untuk PPDB jenjang SD melalui laman ppdbsd.surabaya.go.id.

» Baca berita terkait Pendidikan. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -