Soal Restorative Justice, Garda Pemuda Nasdem Dukung Kapolri

DUKUNG KAPOLRI: Haerul Amri, dukung Kapolri yang kedepankan restorative justice dalam penanganan perkara UU ITE. | Foto: IST
DUKUNG KAPOLRI: Haerul Amri, dukung Kapolri yang kedepankan restorative justice dalam penanganan perkara UU ITE. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sekjen Garda Pemuda Nasdem, Moh Haerul Amri mendukung langkah Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang meminta penyidik Polri mengedepankan pendekatan restorative justice (keadilan restoratif) dalam penanganan perkara UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Permintaan Kapolri tersebut tertuang dalam surat edaran No SE/2/11/2021 terkait UU ITE tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif tertanggal 19 Februari 2021.

“Kami mendukung apa yang dilakukan Kapolri, sehingga setiap laporan dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik dapat diberi ruang jalan damai selama tidak menyangkut narasi yang bersifat hoaks, mengandung SARA, radikalisme, sparatisme, dan unsur pidana lainnya,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/2/2021).

Selebihnya, Gus Aam — sapaan Haerul Amri — yang juga menjabat ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Nasdem mengajak para pengguna media sosial (Medsos) untuk bersikap bijak. Terlebih di Medsos masih banyak dijumpai kasus terkait ujaran kebencian dan pencemaran nama baik.

“Saya mengajak kepada generasi muda khususnya, untuk turut menggunakan media sosial secara baik sesuai dengan karakteristik bangsa kita yang sopan, beretika, berbudaya sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang bersih, sehat dan produktif,” ucapnya.

Jangan sampai, lanjut Gus Aam, setiap masukan, kritikan dan konten-konten lainnya, menggunakan kata-kata dan tindakan yang bisa melanggar hukum.

Setiap mendapatkan berita atau isu yang masih bersifat sumir, seyogyanya ada proses tabayyun atau konfirmasi terlebih dahulu sebelum men-share berita tersebut.

“Kita negara hukum, setiap perilaku yang melanggar hukum tentu akan ditindak secara tegas,” tuntas Gus Aam yang juga wakil ketua umum PP GP Ansor.

» Baca Berita Terkait Nasdem