Tersulut Data Jatam! PMII Soroti Penegakan Hukum Lingkungan

HARAPAN BESAR: Jenderal Listyo Sigit Prabowo, harapan besar PMII agar hukum lingkungan ditegakkan. | Foto: Website Polri
HARAPAN BESAR: Jenderal Listyo Sigit Prabowo, harapan besar PMII agar hukum lingkungan ditegakkan. | Foto: Website Polri

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wasekjen Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Zulfahmy Wahab menegaskan generasi milenial mempunyai peran  komitmen yang tinggi serta penting terhadap kelestarian lingkungan.

“Kaum milenial atau kaum pergerakan mahasiswa tidak bisa ditawar lagi terkait komitmen menjaga kelestarian lingkungan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Barometerjatim.com, Senin (8/2/2020).

Zulfahmy lantas mengutip laporan dari Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Nasional, ada 814 bekas lubang tambang di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang sampai hari ini belum direklamasi.

“Data itu menunjukan, bahwa komitmen pemerintah dalam pengawasan dan penegakan hukum masih lemah,” tandasnya.

Karena itu, Zulfamy menyampaikan bahwa milenial berharap besar kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan penegakan hukum kepada aktor tambang yang tidak melakukan kewajibannya. Jika hukum ditegakkan, hal itu menjadi angin segar bagi kaum milenial agar lingkungan tetap lestari.

Law enforcement harus ditegakkan, agar lingkungan kita semakin baik dan tidak memberi dampak buruk terhadap masyarakat. Dalam undang-undang terdapat ancaman pidana bagi pelaku tambang yang tidak melaksanakan kewajibannya,” tuturnya.

Ke depan, lanjut Zulfahmy, PMII akan melakukan pemantauan dan kampanye sumbangsih milenial untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Harapan kami bisa sinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah, legislatif, swasta, dan civil society untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup,’’ pungkasnya.

» Baca Berita Terkait Lingkungan