Rabu, 07 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Rekomendasi PKB untuk Gus Ipul Belum Tuntas

Berita Terkait

KEMBALIKAN FORMULIR: Thoriqul Haq (kanan) saat mendampingi Gus Ipul mengembalikan formulir pendaftaran Bacagub lewat penjaringan Partai Demokrat, Senin (31/7). | Foto: Barometerjatim.com/BAYAN AP
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Entah politik macam apa yang sedang dimainkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekian bulan ‘berputar-putar’ mengajak Parpol lain untuk ber-holopis kuntul baris mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilgub Jatim 2018, ternyata rekomendasi PKB sendiri untuk Gus Ipul belum tuntas.

DPW PKB Jawa Timur menyebut surat rekomendasi dukungan untuk Gus Ipul di Pilgub 2018 sudah ditandatangani, tapi masih berada di tangan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar.

“PKB sudah selesai soal rekom, tinggal administrasi saja. Tinggal KPU (Komisi Pemilihan Umum), kapan (rekom) dibutuhkan KPU. Rekom sudah dikantong Pak Muhaimin,” tutur Ketua Lembaga Pemenangan Pemili (LPP) DPW PKB Jawa Timur, Thoriqul Haq, Senin (31/7) petang.

• Baca: Tak Lagi Terlihat Bersama, Ada Apa dengan Halim-Gus Ipul?

Dengan demikian, rekomendasi tetap belum turun ke DPW atau belum dikantongi Gus Ipul sebagai calon yang disebut-sebut bakal diusung PKB. Namun Thoriq bersikukuh, “Amplopnya sudah dibawa Pak Muhaimin.”

Patut diingat, aturan mensyaratkan surat keputusan (SK) bakal Cagub-Cawagub yang akan diusung Parpol dikeluarkan DPP yang ditandatangani ketua umum beserta sekretaris jenderal (Sekjen).

Sehingga, jika rekomendasi PKB masih di tangan Cak Imim — sapaan Muhaimin Iskandar — maka Gus Ipul belum resmi menjadi bakal Cagub dari Parpol pemilik 20 kursi di DPRD Jawa Timur tersebut alias dukungan masih sebatas lisan.

Berharap Dukungan PDIP

Hanya saja, sekali lagi, Thoriq yang juga ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur tetap bersikeras. Bahkan, pihaknya siap mendeklarasikan Gus Ipul setelah menyelesaikan semua mekanisme partai. “Deklarasi akan dilakukan saat sudah menyelesaikan semua mekanisme partai,” tandasnya.

Nanti, lanjutnya, kalau sudah ada keputusan resmi dari Parpol, pihaknya akan menata semua strategi untuk memenangkan Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018. Mulai dari menata koalisi, tim pemenangan, basis massa yang akan digarap serta beberapa langkah lainnya.

• Baca: Pengamat: Pernyataan Khofifah Soft Launching Maju Pilgub

“Begitu sudah selesai mekanisme masing-masing partai (pendukung), tentu akan ada mekanisme dan beberapa langkah. Itu setelah proses masing-masing partai selesai,” ungkapnya.

Terkait siapa calon wakil yang akan dipasangkan dengan Gus Ipul, Thoriq mengaku masih akan membahasnya. “Nanti (akan dibahas bersama) partai yang menjadi pendukung, menjadi pengusung. Memang Pak Halim (ketua DPW PKB Jatim) sudah menyampaikan kalau harapannya adalah PDIP,” tandasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -