Tolak Hasil Muscab, 14 DPAC Layangkan Tuntutan ke DPW

TOLAK HASIL MUSCAB: M Hatta (kanan), mewakili 14 DPAC menolak hasil Musyawarah Cabang ke-4 DPC PKB Kabupaten Blitar. | Foto: Barometerjatim.com/ RADITYA DP

BLITAR, Barometerjatim.com – Penolakan 14 Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) atas hasil Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4 DPC PKB Kabupaten Blitar, yang menetapkan Abdul Munif sebagai ketua terpilih, tak main-main. Mereka bahkan melayangkan surat penolakan serta tuntutan ke DPW PKB Jawa Timur.

Surat tuntutan diantarkan langsung ke kantor DPW PKB Jatim di Ketintang, Surabaya, Rabu (10/5) lalu oleh M Hatta, ketua DPAC PKB Udanawu yang mewakili 14 DPAC.

Ditemui di kediamannya, Jumat (12/5) malam, Hatta mengatakan bahwa surat ini adalah langkah prosedural yang dilakukan untuk kali pertama kali, meskipun tidak menutup kemungkinan ke-14 DPAC melakukan tindakan non prosedural semisal unjuk rasa dan lain sebaginya.

• Baca: 14 DPAC PKB Kabupaten Blitar Tolak Hasil Muscab

“Kami mengantarkan surat ini langsung dan diterima oleh Bapak Bagus dari kesekretariatan. Kami sudah tidak percaya terhadap perwakilan kami yang menjadi anggota DPRD Jatim dan DPW PKB Jatim makanya kami antarkan langsung,” katanya. Kedua anggota DPRD Jatim asal Blitar yang dimaksud yakni Chusainuddin dan Ahmad Tamim.

Hatta menjelaskan, poin-poin tuntutan dalam surat tersebut di antaranya meminta menganulir hasil Muscab ke-4, memutuskan Masykur sebagai ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kabupaten Blitar, meminta DPW membentuk tim pencari fakta dan investigasi, serta meminta DPW PKB bijak dan adil.

MINTA DPW ADIL: Surat tuntutan dan penolakan hasil Muscab ke-4 DPC PKB Kabupaten Blitar yang dilayangkan 14 DPAC ke DPW PKB Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ RADITYA DP”Kami harap DPW dan DPP PKB berlaku adil. Jangan sampai terjadi seperti kemarin Muscab sangat fasis, tidak demokratis yang sarat permainan oleh oknum tim Muscab. Ingat ini sangat jauh dari ajaran Gus Dur,” tandasnya.

Hatta berharap surat tuntutan tersebut dapat segera ditindaklanjuti oleh DPW Jatim, serta menindak oknum-oknum yang bermain termasuk yang sering kali memberikan informasi palsu pada Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar.

Diberitakan sebelumnya, 14 DPAC se-Kabupaten Blitar menolak hasil Muscab ke-4 di di Kampung Cokelat, Sabtu (6/5), yang menetapkan Abdul Munif sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Blitar periode 2017-2022.