Hari Santri, Wabup Blitar Rahmat Santoso Ingatkan Generasi Bangsa soal Semangat Resolusi Jihad!

| -
Hari Santri, Wabup Blitar Rahmat Santoso Ingatkan Generasi Bangsa soal Semangat Resolusi Jihad!
DEKAT DENGAN ULAMA: Wabup Rahmat Santoso dekat dengan kiai dan pesantren. | Foto: Barometerjatim.com/TOMMY

BLITAR | Barometer Jatim – Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso mengingatkan generasi bangsa soal semangat Resolusi Jihad pada momen peringatan Hari Santri yang tahun ini dipusatkan di Kota Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, Resolusi Jihad yang digaungkan para ulama pada 22 Oktober 1945 merupakan tonggak bersejarah. Bersama rakyat, para ulama dan santri melakukan jihad fi sabilillah untuk mengusir sekutu yang akan kembali menjajah negeri ini.

Karena itu, dia mengingatkan kembali peran penting ulama, santri, dan generasi muda sebagai penerus bangsa, untuk menjaga semangat jihad.

"Jihad sekarang, tentu bukan lagi angkat senjata. Namun santri menjadi penjaga persatuan dan mewujudkan perdamaian,” katanya.

| Baca juga:

“Saat saya ikut pengajian Gus Iqdam dan kemarin juga ke Pondok Gus Miftah, senang sekali melihat santri-santri muda berkumpul," sambung pria yang dikenal gemar mendatangi pondok pesantren dan ulama tersebut.

Di sisi lain, tandas Caleg DPR RI Dapil Tuban-Bojonegoro itu, peringatan Hari Santri tahun ini juga menjadi momen untuk merekatkan persatuan dan kesatuan jelang Tahun Politik 2024, yakni Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, dan Pilkada.

"Sesuai dengan temanya, Jihad Santri Jayakan Negeri, maka saya rasa peringatan Hari Santri menjadi momentum bagi kita semua untuk merekatkan kembali persatuan di tengah hiruk pikuk jelang tahun politik ini," ujarnya.{*}

| Baca berita Hari Santri. Baca tulisan terukur Tommy Utomo | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.