Soal Izin Khofifah, Pakde Karwo ‘Jemput Bola’ ke Presiden

BUKU 70 TAHUN MUSLIMAT NU: Khofifah Indar Parawansa memberikan cindera mata berupa buku 70 Tahun Muslimat NU kepada Zulkifli Hasan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

JAKARTA, Barometerjatim.com – Diam-diam Gubernur yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo telah menanyakan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait izin yang akan diberikan ke Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa yang didorong banyak pihak agar maju di Pilgub Jatim 2018.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan saat menjadi narasumber dalam Diskusi Refleksi Kebangsaan 71 Tahun Muslimat NU dengan tema Pancasila, Agama dan Negara di Crown Plaza Hotel, Jakarta, Senin (27/3).

Zulkifli menuturkan, atas permintaan seseorang sebenarnya dia hendak bertanya kepada Presiden Jokowi apakah memberi izin atau tidak jika Khofifah maju sebagai Cagub di Jatim.

“Saya bilang akan tanya, tapi syaratnya hanya dua. Pertama, kalau diizinkan maju, tidak diizinkan pun tetap maju,” katanya yang disambut gelak tawa ibu-ibu Muslimat NU maupun hadirin lainnya.

“Lha kalau cuma diizinkan maju, saya nggak mau tanya dong. Tapi kalau diizinkan ya maju, nggak diizinkan juga tetap maju,” sambungnya.

“Saya tanya: Betul Pakde sudah nanya ke presiden? Katanya: Sudah Pak, sudah saya tanya. Terus jawabannya apa? Kata Pakde Karwo, jawaban presiden: Kalau surveinya tinggi dan akan menang saya izinkan.”

Tapi belum lagi Zulkifli tanya ke Presiden Jokowi, ternyata Pakde Karwo — sapaan akrab Soekarwo — sudah lebih dulu tanya ke presiden. “Pakde Karwo sudah tanya, sudah. Tanya deh Bu Khofifah neh,” katanya.

Khofifah punya hanya bisa tersenyum melihat Zulkifli yang bicara blak-blakan. “Kalau orang Lampung memang terus terang Bu, nggak ada yang disembunyikan. Ngomongnya di depan, nggak di belakang.”

Zulkifli pun sudah tanya pada Pakde Karwo saat keduanya menghadiri acara pernikahan keluarga Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk. “Saya kebetulan duduk sebelahan dengan Pakde Karwo, saya tanya: Betul Pakde sudah nanya ke presiden? Katanya: Sudah Pak, sudah saya tanya,” bebernya.

Zulkifli kembali bertanya, “Terus jawabannya apa? Kata Pakde Karwo, jawaban presiden: Kalau surveinya tinggi dan akan menang saya izinkan. Tuh apa lagi Bu Khofifah,” katanya.

Zulkifli menambahkan, tak hanya dirinya yang mendukung Khofifah maju. Dia juga meyakini dukungan serupa diberikan Yenny Wahid, KH Salahudin Wahid (Gus Sholah) bahkan almarhum KH Hasyim Muzadi.

• Baca: Di Forum Muslimat NU, Zulkifli Tegaskan Dukung Khofifah

“Kalau KH Ma’ruf Amin (keynote speaker dalam forum dan meninggalkan tempat lebih dahulu saat Zulkifli menyampaikan pemaparannya) saya nggak tahu, apa masih (dukung) Saiful (Saifullah Yusuf, Wagub Jatim,” katanya yang membuat seisi ruangan gemuruh penuh tawa dan aplaus.

“Tapi kalau ketua MPR dari dulu (dukung) kan Khofifah. Apalagi ada sahabat saya, Gus Lukman (KH Lukmanul Karim bin Abdullah Fattah, pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang) yang tadi baca doa (saat penutupan Rapimnas Muslimat NU). Kalau beliau di belakang Khofifah, insyaallah jadi,” katanya.

“Apalagi kalau saya datang ke sini tak sendiri, Sekjen juga datang. Eddy Soeparno, tuh datang juga,” tambahnya. Eddy pun berdiri dari tempat duduknya untuk menyapa ibu-ibu Muslimat NU.