PKB Usung Gus Ipul, Khofifah Hormati Proses Demokrasi

Muhaimin Iskandar (Ist)

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Sekian lama mencari Parpol untuk mengusungnya maju sebagai bakal Cagub di Pilgub Jatim 2018, akhirnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hampir pasti diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan surat keputusan (SK) akan segera dikeluarkan.

“Seluruh kiai se-Jawa Timur kompak meminta PKB satu nama, maka dua nama yang awalnya Saifullah Yusuf dan Halim Iskandar, sudah mengerucut menjadi satu nama,” kata Ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar usai mengikuti Musyawarah Kubro Ulama dan Kiai di Pondok pesantren Progresif Bumi Sholawat di desa Lebo Kecamatan Kota Sidoarjo, Kamis (25/5).

“Insyaallah Pilkada akan mengikuti apa perintah kiai atau ulama. Apalagi seribu ulama minta seperti itu, maka saya minta DPW PKB Jawa Timur mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur, dan Pak Halim dengan lega, legowo menerima apa yang menjadi amanah kiai.”

“Saya akan menghormati siapapun yang mencalonkan diri, siapapun mendukung siapapun. Saya rasa kita masih menjunjung tinggi proses demokrasi ini.”

Menurut Cak Imin — panggilan Muhaimin Iskandar — PKB adalah parpol yang tunduk pada kiai dan ulama, maka ketika mereka meminta tidak ada alasan untuk tidak mengusung Gus Ipul sebagai bakal Cagub. Selain itu, hasil rapat DPP PKB memang memutuskan akan mengusung Gus Ipul.

“Dalam waktu dekat, DPP PKB akan mengeluarkan surat keputusan. Kami yakin tidak ada perpecahan,” katanya.

Di sisi lain, kader NU lainnya yang selama ini dikaitkan banyak pihak dengan Pilgub Jatim 2018, Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa tak mau mencampuri urusan Parpol dan kandidat lain.

“Saya akan menghormati siapapun yang mencalonkan diri, siapapun mendukung siapapun. Saya rasa kita masih menjunjung tinggi proses demokrasi ini, hak untuk mencalonkan dan dicalonkan serta hak untuk mendukung. Saya rasa kita semua harus memberikan penghormatan,” katanya.

• Baca: Dukung Khofifah, Golkar Tak Minta Kursi Cawagub

Ditanya apakah Khofifah juga akan maju di Pilgub Jatim 2018, “Pokoknya aku lagi check sound. Entar, pada saat sudah mengambil keputusan insyaallah teman-teman aku kabari ya,” katanya sambil tersenyum.

Ketika dicecar apakah sudah ada Parpol yang mendukungnya sehingga Khofifah terlihat tenang-tenang saja, “He, he.. Saya kan bilang lagi check sound, entar kalau sudah selesai, kita samakan dulu frekuensinya supaya kalau kita terjun.. Ini kan sudah masuk sirkuit ini, hehe.. sehingga medan sirkuitnya harus sudah siap dulu. Kira-kira begitulah,” paparnya.

Apakah check sound yang dilakukan ada batas waktunya? “Pasti ada-lah, kan ada tahapan-tahapan dari KPUD, sehingga ada batasan. Oke, check sound dianggap cukup dan seterusnya,” tandasnya.