Bocoran Menpan RB: Tahun Ini Kemensos Raih WTP

UCAPAN ULTAH DARI PAKDE KARWO: Mensos Khofifah Indar Parawansa yang tengah merayakan Ultah ke-52 mendapat ucapan selamat dari Gubernur Jatim, Soekarwo di sela menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu (20/5) malam. | Foto: Barometerjatim.com/RADITYA DP

GRESIK, Barometerjatim.com – Apresiasi tinggi patut diberikan untuk Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Kemensos. Setelah tahun lalu mendapat opini disclaimer alias tidak menyatakan pendapat dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), tahun ini Kemensos membalik ‘cap negatif’ tersebut dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2016. Luar biasa!

Pengumuman resmi memang belum dilakukan BPK, namun predikat WTP Kemensos itu ‘dibocorkan’ Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur saat memberikan pidato pada pemberian penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (20/5) malam.

“Bu Mensos terima kasih atas kehadirannya. Ibu memberi semangat lagi ke saya. Selamat kepada Ibu yang sudah mendapat status dari BPK yaitu WTP, tepuk tangan buat ibu kita. Ini hasil kerja keras dari Kemensos,” katanya yang disambut aplaus hadirin.

• Baca: Kemensos Siapkan 5.327 Relawan Psikososial

“Mudah-mudahan nanti nilai Lakip-nya (Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah), kalau perlu  digenjot lagi tahun ini. Nggak boleh kalah dengan gubernur Jatim, Bu, A minimum, insyaallah. Sehingga nanti tunjangan kinerja Kemensos juga tidak kalah dengan kementerian yang mendapat nilai A.”

Status WTP ini sekaligus jawaban atas sorotan Presiden Jokowi setelah tahun lalu Kemensos mendapat status disclaimer dari BPK bersama Kemenpora, LLP TVRI dan Komnas HAM.

Sementara ditanya soal lompatan opini dari disclaimer menjadi WTP, Khofifah enggan menanggapi dan meminta menunggu pengumuman resmi dari BPK. “Jangan dulu, meskipun itu ada di dalam website BPK ya. Kita nunggu saja sampai nanti proses diumumkan, biasanya di Istana Negara,” katanya.

Mensos hadir di Gelora Joko Samudro untuk menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 yang diselenggarakan Kemenpan RB atas inovasi program Rehabilitasi Sosial Luar Panti bagi Gelandangan dan Pengemis di Masyarakat (Risol Gepeng Mas).

• Baca: Mensos: Jangan Ada Lagi Anak Seret Ibunya ke Pengadilan

Program ini diprakarsai Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur Bekasi yang merupakan UPT di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. Penghargaan diberikan Menpan RB Asman Abnur dan diterima langsung oleh Mensos.

“Inovasi yang dilakukan Kemensos ini menjadi cara untuk mendorong percepatan pembangunan secara efektif dan efisien, khususnya dalam upaya menyelesaikan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan,” ungkap Mensos.