Belum Dikenal Luas, Kali Pertama OPOP Akan Gelar Expo

PERSIAPAN EXPO: Heru Tjahjonomemimpin rapat persiapan OPOP Expo 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
PERSIAPAN EXPO: Heru Tjahjono memimpin rapat persiapan OPOP Expo 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski menjadi salah satu program unggulan Pemprov Jatim, OPOP (One Pesantren One Product) belum begitu dikenal masyarakat Jatim secara luas.

Salah satu cara untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat, Pemprov akan menggelar OPOP Expo 2019 di JX International, Surabaya, 28 hingga 30 November.

“OPOP memang belum banyak masyarakat yang tahu, apa itu OPOP dan bagaimana Pemprov ingin menggelorakan kewiraushaan pesanteren melalui OPOP,” kata Sekretaris OPOP Jatim, Moh Ghofirin usai bertemu Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono membahas acara OPOP Expo 2019 di kantor gubernur Jatim, Senin (25/11/2019).

Dalam pameran yang baru kali pertama di gelar ini, lanjut Ghofirin, pihaknya menyiapkan sebanyak 45 stan, 30 di antaranya khusus untuk produk dari Ponpes.

Sedangkan Ponpes terkonfirmasi ikut pameran, di antaranya Sidogiri Pasuruan, Tebuireng Jombang dan Sunan Drajat Lamongan. “Kita mengusung tema communal branding, dimana dibiasakan antarpesantren saling mendukung dan bekerja sama,” katanya.

Dalam OPOP Expo nanti juga ada pameran pusaka NU, ngaji entrepreneur, program sertifikasi halal paten merk produk pesantren, kompetisi business plan santri, lomba qosidah rebana putri, hingga lomba vlog.

Ditanya soal target pameran, Ghofirin menjelaskan, “Karena ini baru, maka target utamanya adalah mem-publish, menyosialisasikan, mensyiarkan, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi transaksi yang bersifat direct,” katanya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim