Silaturahim PPTI, 20 Perguruan Tjimande Adu Jurus di Jember

Dua pendekar pencak silat Tjimande adu jurus dalam silaturahim PPTI Jember. | Foto: Ist
Dua pendekar pencak silat Tjimande adu jurus dalam silaturahim PPTI Jember. | Foto: Ist

JEMBER, Barometerjatim.com – 20 perguruan Tjimande yang tergabung dalam Persatuan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) Jember, kembali bertemu lewat ajang silaturahim di Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Kamis (4/4/2019) malam.

Kali ini, PPTI Macan Tutul Anak Santri Balung pimpinan Adang Hoirul Anam giliran menjadi tuan rumah dalam acara yang diinisiasi Zarkasih, Pj Bupati Jember periode 2010-2011 tersebut.

Silaturahim kian komplet dengan kehadiran sedikitnya 23 pendekar sepuh dan senior Tjimande. Di sisi lain, sambutan masyarakat luar biasa hangat. Mereka begitu antusias, memadati pelataran pusat PPTI Macan Tutul, menyaksikan acara hingga usai Jumat (5/4/2019) dinihari.

Miftahul Rahman, budayawan Jember yang juga pimpinan PPTI Sekar Jaya Sehati menjelaskan, silaturahim kedua ini diistilahkan sebagai upaya merajut kembali hubungan dan mempererat tali persaudaraan antarperguruan Tjimande di Jember.

“Bisa disebut sebagai ngumpulkan balung pisah, alhamdulillah ada 20 PPTI yang hadir bersama sedikitnya 23 pendekar sepuh sebagai bentuk dukungan acara itu,” kata Cak Memet, sapaan akrab Miftahul Rahman dalam rilisnya, Sabtu (6/4/2019).

Sementara Pimpinan Nasional PPTI yang juga salah seorang pendekar sepuh yang hadir, Anang memberikan apresiasi positif atas gelaran ini.

Anang mengaku ingat betul gerakan ini dimulai sejak 2015 di Lapangan Bangsalsari Jember. Dia juga berterima kasih kepada Zarkasi yang berinisiatif mendorong semangat sedulur Tjiimande.

“Menurut hemat saya, Tjimande di Jember ada hampir di 248 desa, jumlahnya mencapai puluhan ribu. Jika saja bisa bersatu maka akan menjadi kekuatan besar,” ujarnya.

Dia berharap, silaturahim ini dijadikan agenda rutin, sehingga antarperguruan Tjimande dapat saling belajar dan mempererat tali persaudaraan.

Awak dewe iki tunggal banyu, sambangono arek arek yo (Kita ini satu saudara, tengok anak-anak ya),” ujarnya. Hal sama diungkapkan Pimpinan PPTI Macan Tutul Anak Santri, Adang Hoirul Anam.

Semoga gelaran ajang silaturahim pesilat dan pendekar ini, bisa terus berlanjut rutin sehingga membesarkan Tjimande Jember,” harapnya.•

» Baca Berita Terkait Tapal Kuda