Pembiayaan Selesai! Dua Tol Baru Segera Dibangun di Jatim

Akses jalan tol meningkatkan percepatan ekonomi. | Foto Barometerjatim.com/roy hasibuan/dok

SURABAYA, Barometerjatim.com – Urusan pembiayaan pembangunan dua jalan tol, Subakri (Sukorejo-Batu-Kediri) dan Probolajang (Probolinggo-Lumajang) selesai setelah melibatkan pihak swasta, dan pembangunannya segera terwujud tahun ini.

“Saya mendapat pemberitahuan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), rencana tol Sukerejo-Batu-Kediri merupakan prakarsa dari PT Surya Majapahit Marga Wisata (SMMW),” kata Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga, Gatot Sulistyo Hadi di Surabaya.

Semula, pembiayaan tol Subakri sepanjang 38 kilometer — dalam perkembangannya hanya melintasi Sukorejo hingga Batu, tidak sampai Kediri — akan menggunakan APBD dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu namun gagal terealisasi.

Ketiganya keberatan jika harus membiayai seluruh pembangunannya, terutama masalah pembebasan lahan. Dari kajian yang dilakukan Pemprov Jatim, investasi yang dibutuhkan memang cukup jumbo, yakni Rp 1,3 triliun karena sekitar 92 persen lahan baru.

“Sekarang sudah dapat prakarsa dan sudah dapat persetujuan dari BPJT, tinggal pelaksanaan di lapangan,” kata Gatot, sembari menyatakan PT SMMW juga telah mengajukan prakarsa pembangunan tol yang dilanjutkan hingga Kediri hingga panjang total Subakri menjadi 110 kilometer.

Tak hanya tol Subakri, kata Gatot, tol Probolajang sepanjang 27 kilometer juga akan dikerjakan pihak swasta. Hanya saja, Gatot masih enggan menyebut pihak swasta mana yang dimaksud.

Bagi Gatot, tol Probolajang akan sangat membantu mengurai kepadatan di dua daerah tersebut. Mengingat rata-rata harian kendaraan yang melintas di jalan utama dua kabupaten itu mencapai 28 ribu unit per hari.

Gatot juga berharap tol Subakri dan Probolajang segera selesai, untuk mempercepat peningkatan perekonomian di Jatim.•

» Baca Berita Terkait Jalan Tol, Pemprov Jatim