Kunjungan 15 Menit untuk Kesembuhan Kiai Hasyim

JENGUK KIAI HASYIM: Presiden Jokowi saat tiba di kediaman KH Hasyim Muzadi. Selama 15 menit presiden datang untuk menjenguk Kiai Hasyim yang sedang sakit.

MALANG, Barometerjatim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi perhatian khusus terhadap perkembangan kesehatan KH Hasyim Muzadi. Rabu (15/3), presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep menjenguk anggota Wantimpres tersebut kediamannya,  Jl Cengger Ayam Malang, kompleks Ponpes Al Hikam, Kota Malang.

Presiden yang juga didampingi Menteri Sekretaris Kabinet, Pratikno tiba di Bandara Abdul Rahman Saleh pukul 10.00. Kehadirannya disambut Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati Malang Rendra Kresna, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana dan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Setibanya di Al Hikam, presiden diterima istri Kiai Hasyim, Nyai Hj Mutammimah di ruang tengah. Di sana tampak pula Kepala RS Lavalette, Abdul Rokhim serta Ketua Tim Medis RS Lavalette dr Hariadi Moeljosoedirdjo Sp.PD.

Sebelum menjenguk Kiai Hasyim di kamar pribadinya, presiden terlebih dahulu mendapat penjelasan tentang kondisi kesehatan Kiai Hasyim dari Abdul Rokhim. Selanjutnya, presiden masuk kamar untuk menjenguk dan 15 menit kemudian keluar.

“Mari kita doakan bersama agar KH Hasyim Muzadi segera pulih, kehadiran beliau masih di butuhkan rakyat Indonesia,” ujarnya pada awak media usai menjenguk.

• Baca: Nyaman Dirawat di Pesantren, Kiai Hasyim Tinggalkan RS

Putra sulung Kiai Hasyim, Abdul Hakim yang turut mendampingi presiden mengatakan kalau abahnya mengetahui kehadiran presiden. Tak banyak yang dikomunikasikan karena Kiai Hasyim harus banyak istirahat.

“Pak Jokowi minta kepada keluarga untuk terus memantau kondisi kesehatan Abah,” kata Gus Hakim. “Beliau bersama Ibu Negara memang datang ke sini khusus menjenguk Abah.”

Gus Hakim menambahkan, dalam kesempatan itu Jokowi juga menyatakan akan mengerahkan tim dokter kepresidenan untuk membantu pemeriksaan medis. Namun belum bisa dipastikan kapan kedatangan tim dokter kepresidenan ke Al Hikam.

“Kemungkinan ada beberapa tim dokter kepresidenan yang diminta untuk menangani Abah. Tapi nanti saya pastikan kapan tim dokter itu tiba,” ujarnya.

Meski demikian, Gus Hakim enggan mengungkapkan penyakit yang diderita abahnya. Dia hanya menyebutkan sejauh ini abahnya sudah tertangani meski hanya bisa mengonsumsi nutrisi untuk asupan tubuhnya. Sementara tujuan perawatan di kediamannya agar bisa lebih dekat dengan keluarga.

• Baca: Ditemani Arum Sabil, Menteri BUMN Jenguk Kiai Hasyim

Sementara juru bicara tim dokter yang selama ini menangani Kia Hayim, dr Hariadi menuturkan, ketua umum PBNU dua periode itu masih diberi bantuan oksigen selama perawatan di kediamannya.

“Memang ada sedikit infeksi. Beliau batuk dan tak bisa mengeluarkan dahak, jadi sesak napas dan diberi bantuan oksigen,” ujarnya.

Menurut Hariadi, ada empat dokter kepresidenan yang akan membantu menangani perawatan Kiai Hasyim, termasuk untuk memastikan bantuan peralatan medis yang dibutuhkan.