Hanya 1 Paus Berhasil Kembali ke Laut Lepas, 51 Lainnya Mati

GUNAKAN ESKAVATOR: Proses penguburan ikan paus di perairan Pantai Modung menggunakan eskavator. | Foto: IST
GUNAKAN ESKAVATOR: Proses penguburan ikan paus di perairan Pantai Modung menggunakan eskavator. | Foto: IST

BANGKALAN, Barometerjatim.com – Meski empat kali diupayakan kembali ke laut lepas, dua dari ikan paus jenis pilot yang sempat hidup akhirnya mati. Dengan demikian, hanya satu ekor yang berhasil kembali ke habitatnya.

Tiga paus tersebut merupakan kawanan 52 paus yang terdampar Perairan Pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Kamis (18/2/2021).

49 di antaranya ditemukan dalam keadaan mati, sedangkan tiga ekor lainnya hidup dan diupayakan kembali ke laut lepas tapi akhirnya hanya satu yang berhasil.

Terkait penguburan 51 paus yang mati, proses penggalian dimulai sejak Sabtu (20/2/2021) mulai pukul 06.00 WIB dengan menggunakan dua eskavator yang dikirim Pemprov Jatim.

Letak penguburan berada di perairan Pantai Modung dengan jarak 70 meter dari bibir pantai dan kedalaman minimal 5 meter. Hal ini untuk memastikan tidak adanya air yang masuk ketika terjadi pasang.

Banyak pihak yang terjun dan ikut langsung terlibat dalam proses penguburannya. Terkait kerja keras dan gotong royong semua pihak ini, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi dan terima kasih sehingga permasalahan bisa segera teratasi.

“Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak termasuk para nelayan dan relawan, sehingga masalah paus yang terdampar ini bisa segera kita atasi bersama,” kata Khofifah dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Ini adalah wujud rasa cinta dan peduli kepada lingkungan dan makhluk hidup di sekitar kita,” sambungnya.

Sementara itu berdasarkan informasi dari pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jatim, terdapat dua titik penguburan. Titik pertama untuk 25 ekor, sedangkan di titik kedua untuk 21 ekor.

Namun demikian, ada satu paus mati yang harus dikuburkan secara manual karena jaraknya cukup jauh dari titik penguburan, sedangkan empat sisanya kemungkinan terseret arus ombak saat air laut pasang.

KEDALAMAN 5 METER: Jaral penguburan paus 70 meter dari bibir pantai dengan kedalaman lima meter. | Foto: IST
KEDALAMAN 5 METER: Jaral penguburan paus 70 meter dari bibir pantai dengan kedalaman lima meter. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait Lingkungan