Grup 8 Liga 2 Indonesia, Atmosfer Papua Rasa Jawa

Jam Terbang: Pernah menghuni skuad Timnas senior, Yesaya Desnam jadi tumpuan Persiwa melakoni laga di Grup 8 Liga 2.
JAM TERBANG: Pernah menghuni skuad timnas senior, Yesaya Desnam jadi tumpuan Persiwa melakoni laga di Grup 8 Liga 2. | Foto: Barometerjatim.com/ EPE JAYANEGARA

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Kasta kedua kompetisi sepakbola Indonesia sudah memanas di pekan ketujuh. Namun khusus untuk Grup 8, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi perlakuan khusus.  Enam kontestan, setelah Persifa Fak Fak tak bisa dikonfirmasi, baru menjalani pertandingan. Itu pun dengan sistem home tournament bukannya setengah kompetisi mulai 10-29 Juli 2017 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Dalam manager meeting yang dihadiri enam perwakilan tim, Minggu (9/7), perwakilan PT LIB melalui pernyataan tertulis Chief Operating Tigorshalom Boboy mengatakan, pertandingan Grup 8 memang diputuskan digelar di Sidoarjo karena beberapa pertimbangan. Di antaranya keamanan, Pilkada dan tidak representasifnya venue lapangan beberapa tim.

• Baca: Misteri Nilai Kontrak Kapal Api di Liga 3 Jatim

“Sebenarnya sempat ada wacana digelar di Stadion Mandala Jayapura. Namun di sana juga tidak memungkinkan. Apalagi akan ada HUT OPM. Akhirnya diputuskan digelar di Stadion Gelora delta Sidoarjo,” terangnya.

Mengenai nasib Persifa, sempat ada kisah menarik tentang absennya tim tersebut. “Kami sudah mencoba berkomunikasi jauh-jauh hari. Termasuk melalui pesan WhatsApp nomor salah satu ofisial tim. Sempat ada balasan dengan mengirim daftar pemain. Namun setelah itu sulit dihubungi lagi. Baru beberapa hari lalu muncul lagi tapi tahu nggak jawabannya? Cuman tes doang,” ucap perwakilan PT LIB ketika dikonfirmasi.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Grup 8, Sumardi mengaku siap menjamu seluruh kontestan dengan baik. Apalagi mengurus pertandingan dengan sistem turnamen bukan hal yang baru. “Panpelnya dari PSSI Sidoarjo. Saya kira tidak akan jadi persoalan karena kita sudah terbiasa menggelar laga level internasional di sini. Tiket masuknya nanti gratis kok,” terangnya.

• Baca: Rayakan Ultah Emas, Ratusan Karateka PMK ‘Serbu’ Kota Batu

Dari enam tim yang ada di grup 8, Persiwa Wamena diprediksi akan melaju dengan mudah. Sejarah sebagai mantan tim yang pernah berlaga di level elit, masih tersisa. Bahkan dalam skuad tim berjuluk Badai Pegunungan ini, ada nama Yesaya Desnam, eks Bhayangkara FC dan pernah memperkuat Timnas Indonesia. Namun pemain yang sudah menyandang gelar S2 tersebut enggan mengamini.

“Kami tidak merasa diunggulkan. Selain itu, materi yang ada sekarang pas-pasan karena banyak talenta bagus asal Papua yang berkarir di Jawa imbas jadwal yang tidak menentu sebelumnya,” ucapnya merendah.

JADWAL GRUP 8 LIGA 2

Senin, 10 Juli 2017
15.00 WIB – Yahukimo FC vs Persibul Buol
18.00 WIB – Persiwa Wamena vs Perseka Kaimana

Selasa, 11 Juli 2017
15.00 WIB – PSBS Biak vs Persigubin Gunung Bintang

Jumat, 14 Juli 2017
15.00 WIB – Perseka vs Persibul
18.00 WIB – Persiwa vs Yahukimo FC

Senin, 17 Juli 2017
15.00 WIB – Persigubin vs Perseka
18.00 WIB – Yahukimo FC vs PSBS

Selasa, 18 Juli 2017
15.00 WIB – Persibul vs Persiwa

Sabtu, 22 Juli 2017
15.00 WIB – PSBS vs Perseka
18.00 WIB – Persigubin vs Yahukimo FC

Selasa, 25 Juli 2017
15.00 WIB – Persigubin vs Persiwa
18.00 WIB – Persibul vs PSBS

Jumat, 28 Juli 2017
15.00 WIB – Persibul vs Persigubin
18.00 WIB – Persiwa vs PSBS

Sabtu, 29 Juli 2017
15.00 WIB Perseka vs Yahukimo