Gedung SMKN Terbakar, 25 Unit Komputer Tinggal Arang

KEBAKARAN: Ruang server data ludes terbakar diduga akibat korsleting. (Foto: Ist)

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Kebakaran hebat melanda gedung SMK Negeri Sambeng di Desa Pasar Legi, Kecamatan Sambeng, Lamongan, Minggu (15/1) siang. Api diduga berasal dari korsleting di ruang server data.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sambeng, Suwito menuturkan, kebakaran terjadi di ruang server dan ruang Teknik Komputer Jaringan (TKJ). “Saat mendengar kabar kebakaran kami langsung menghubungi mobil pemadam kebakaran sekaligus Dinas Pendidikan,” katanya.

Diduga, api yang membakar seluruh ruang TKJ berasal dari korsleting AC di ruang server data karena komputer menyala selama 24 jam. Selain itu letaknya juga berdekatan dengan ruang TKJ sehingga seluruh isi ruangan ikut terbakar.

Akibat kebakaran ini, 25 unit komputer di ruang TKJ dan ruang server ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Awal kebakaran diketahui salah seorang pekerja bangunan di sekitar sekolah yang melihat asap mengepul di ruang TKJ. Secara spontan dia langsung berteriak dan meminta tolong pada teman sesama pekerja bangunan serta masyarakat sekitar lokasi.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan kebakaran tidak sampai meluas, karena masyarakat saat itu langsung berbondong-bondong membantu memadamkan api dengan alat seadanya,” terang Suwito. Sekitar satu jam kejadian mobil pemadam tiba dan melakukan pemadaman api yang tersisa.• eno