Daripada Kutuk Kegelapan, RNLC Jatim Kirim Bantuan ke Bawean

BANTUAN UNTUK BAWEAN: Relawan Nasional Lawan Covid-19 (RNLC) Jatim kirim bantuan ke Pulau Bawean. | Foto: RNLC Jatim
BANTUAN UNTUK BAWEAN: Relawan Nasional Lawan Covid-19 (RNLC) Jatim kirim bantuan ke Pulau Bawean. | Foto: RNLC Jatim

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pandemi Covid-19 di Jatim yang tak kunjung melandai, terlebih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4 diperpanjang hingga 2 Agustus 2021, membuat berbagai pihak turun tangan untuk membantu warga terdampak.

Salah satunya ditunjukkan Relawan Nasional Lawan Covid-19 (RNLC) Jatim dengan menggelar bakti sosial (baksos) berupa vaksinasi dan bantuan paket sembako untuk warga di Pulau Bawean, Gresik.

Baksos RNLC hasil kolaborasi dengan Komando Armada (Koarmada II) TNI Angkatan Laut (AL) serta DPD Partai Gerindra Jatim tersebut juga dalam upaya percepatan vaksinasi secara nasional.

Sedangkan bantuan yang dikirim mulai Selasa (27/7/2021) menggunakan kapal milik TNI AL yakni berupa paket sembako, vitamin, air mineral, masker hingga makanan ringan.

“Kita adakan vaksinasi Sinovac di Bawean, terdiri dari dua kecamatan agak terpencil di Jatim yang menjadi prioritas kita,” terang Wakil Ketua RNLC, Anwar Sadad di Koarmada II TNI AL, Surabaya, Senin (26/7/2021).

Menurut Sadad, pandemi Covid-19 memang membutuhkan reaksi kolektif. “Kita tak bisa sendiri-sendiri, butuh kekompakan,” tegas ketua DPD Partai Gerindra Jatim yang juga wakil ketua DPRD Jatim itu.

Sadad percaya kalau pemerintah, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bisa mengatasi keadaan ini. “Daripada mengutuk kegelapan, lebih baik mulai menyalakan lilin,” tandasnya.

Kehadiran Sadad dalam pengiriman bantuan ke Bawean juga mewakili Ketua Umum RNLC, Kris Budiharjo yang mengucapkan selamat berjuang di medan perjuangan kemanusiaan.

Insyaallah apa yang kita lakukan, akan menginspirasi kekuatan yang lain untuk bergerak bersama-sama,” ucap politikus keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut.

Secara khusus, Sadad juga mengucapkan terima kasih kepada Koarmada II TNI AL, para relawan, serta dokter yang ikut men-support kegiatan kemanusiaan untuk turut membantu terdampak Covid-19.

Ketua RLNC wilayah Jatim, Mimik Idayana menambahkan, gerakan semacam ini akan terus dilakukan. Termasuk sejumlah paket sembako yang dikumpulkan secara swadaya.

“Terutama untuk pasien isoman (isolasi mandiri) di Pulau Bawean. Ini gelombang pertama. Nanti gelombang kedua di daerah Sidoarjo, Malang, kita masih koordinasi,” ucap Mimik.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona