Cuma Bermodal Empat Kursi, Nasdem Sadar Diri

UKUR DIRI: Rendra Kresna (kanan), tak masalah Nasdem jadi Parpol pendukung atau pengusung calon di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mesin partai politik (Parpol) di Jatim mulai bergerak jelang Pilgub 2018. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang hampir pasti mengusung ketuanya, Abdul Halim Iskandar. Bahkan, Halim menyebut deklarasi pencalonan akan digelar Juni tahun ini.

Bagaimana dengan Parpol lain? Partai Nasional Demokrat (Nasdem), misalnya, juga menegaskan partisipasinya di Pilgub Jatim 2018. Hanya saja, Parpol besutan Surya Paloh ini sadar diri karena cuma memiliki empat kursi di DPRD Jatim. Jauh dari syarat minimal 20 kursi untuk mengusung calon tanpa koalisi.

Namun Ketua DPW Nasdem Jatim, Rendra Kresna menegaskan partainya tetap akan mendukung siapapun bakal calon yang diinginkan masyarakat, termasuk dari internal partai. “Apa indikatornya? Ya survei. Kalau surveinya bagus ya kita dukung,” kata Rendra di kantornya, Jalan Kartini, Surabaya, Kamis (2/3).

Sejumlah nama potensial dalam radar Nasdem yakni Mensos Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wagub Saifullah Yusuf.

“Semua (nama) ada. Ada juga Mas Hasan (Hasan Aminuddin), ada Gus Halim (Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar). Ya itu, kita akan lakukan survei,” kata bupati Malang itu.

Rendra juga yakin meski hanya memiliki empat kursi  pasti akan ada bakal calon yang datang ke partainya. “Pasti nanti akan datang, kita akan tampung, kita adakan survei. Survei akan dilakukan lembaga yang kualified.”

“Tapi kita harus jujur, kita hanya punya empat (kursi) kan, kita pasti harus koalisi. Yang jelas PKB sudah lewat (20 kursi), PDIP masih butuh satu kursi, nah yang lain boleh bergabung,” tambahnya.

Rendra juga tidak mempermasalahkan jika Nasdem hanya sebagai Parpol pendukung, bukan pengusung. “Nggak ada masalah (cuma pendukung). Kita mampu mengukur diri. (soal calon) survei yang akan menentukan,” tandas Rendra.

KURSI PARPOL DI DPRD JATIM

  1. PKB – 20
  2. PDIP – 19
  3. Gerindra – 13
  4. Demokrat – 13
  5. Golkar – 11
  6. PAN – 7
  7. PKS – 6
  8. PPP – 5
  9. Nasdem – 4
  10. Hanura – 2