Cukup dari Ruang Kerja Risma Bisa Pantau Surabaya

MONITOR SURABAYA: Tri Rismaharini menunjukkan monitor di ruang kerjanya yang terkoneksi dengan 2.000 CCTV di sejumlah objek vital.

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hanya dari ruang kerjanya, Wali Kota Tri Rismaharini bisa memantau kemacetan hingga tindak kriminal yang terjadi di Kota Surabaya.

Wali kota yang akrab disapa Risma itu menuturkan, saat ini di ruang kerjanya terpasang sekitar 20 unit monitor yang terkoneksi dengan 2.000 Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah objek vital. Di antaranya jalan raya, gedung per‎kantoran hingga rumah pompa.

“Fungsinya tergantung kebutuhan. CCTV ini ada yang untuk memantau transportasi, ada yang untuk keamanan dan lainnya,” terangnya, Rabu (22/2).

Namun lantaran wilayah Kota Surabaya cukup luas, 2.000 unit CCTV belum mencukupi kebutuhan di semua wilayah. “Jangkauan CCTV kita terbatas. Kita masih membutuhkan lebih banyak lagi,” katanya.

Dari sejumlah CCTV yang terpasang, lanjut Risma, paling banyak untuk keperluan transportasi dan rata-rata terpasang di perempatan dan jalan protokol.

“Sebagian terpasang di mall. CCTV-nya terpasang di luar gedung. Tujuannnya, ya apabila ada tindak kriminal, pihak kepolisian bisa segera bertindak,” pungkasnya.