Bawaslu Jatim ‘Rahasiakan’ Caleg Penganiaya Panwascam

Bawaslu Jatim, kecam penganiayaan terhadap komisioner Panwascam di Pamekasan. | Foto: Ist
Bawaslu Jatim, kecam penganiayaan terhadap komisioner Panwascam di Pamekasan. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Komisioner Bawaslu Jatim, Purnomo Satriyo Pringgodigdo menolak mengungkap identitas oknum Caleg yang diduga menganiaya komisioner Panwascam Waru, Pamekasan, Madura, Samsul (ketua) dan Mohammad Tohiruddin (anggota).

Purnomo berdalih, kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polres Pamekasan dan sedang berproses. “Belumlah. Saat ini proses masih dalam laporan pihak kepolisian. Nanti kalau sudah inkrah baru akan disampaikan,” kata Purnomo, Jumat (5/4/2019).

Disinggung soal dugaan pelaku adalah Caleg dari Parpol besar di wilayah tersebut, lagi-lagi Purnomo enggan buka-bukaan. “Saya tidak tahu, nanti tunggu saja hasil pemeriksaan saja,” elaknya.

Bagaimana dengan kondisi korban? “Saat ini korban masih melakukan visum et repertum. Hasilnya belum diketahui, yang jelas korban tak sebatas didorong,” katanya.

Seperti diberitakan, berdasarkan informasi dari Bawaslu Kabupaten Pamekasan, pada 4 April sekitar pukul 22.30 WIB, terjadi kekerasan fisik dan verbal terhadap Samsul dan Tohiruddin, yang dilakukan oknum Caleg dari Kabupaten Pamekasan.

Kejadian bermula saat Samsul dan Tohiruddin bersama jajaran lainnya menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai melanggar aturan. Namun upaya Panwascam tersebut malah berbuah kekerasan.

Oknum Caleg yang datang ke lokasi penurunan APK, memukul Samsul dan mencekal kerah baju Tohiruddin sembari mengintimidasi.

“Oknum Caleg itu bukan hanya menggertak, namun berlanjut kepada pemukulan fisik pada sekujur tubuh Tohiruddin,” terang Purnomo.•

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019, Bawaslu Jatim