Tak Kalah Pedas, Harga ‘Cuma’ Rp 50 Ribu/Kg

MASIH MAHAL: Harga cabai di pasar masih tinggi membuat pedagang mulai melirik cabai impor. | Foto: Ilustrasi/Ist

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Harga cabai yang tak kunjung turun memaksa pedagang beralih ke cabai impor. Beberapa penjual cabai di Pasar Porong bahkan sudah memasarkan cabai asal India.

Harga cabai India dengan ciri lebih panjang dari cabai lokal serta kering tersebut memang lebih murah dibanding cabai lokal. Per kilogram dijual Rp 70 ribu, sementara cabai lokal Rp 110-130/Kg.

Tutik, salah seorang pedagang cabai di Pasar Porong menuturkan cabai asal India bahkan laku keras. Rata-rata pembelinya para penjual makanan seperti bakso, soto atau makanan lain yang membutuhkan cabai dalam jumlah besar.

“Cabai India ternyata bisa diterima masyarakat, meski dijual dalam kondisi kering,” terang Tutik. Dia mengaku cabai India ini didapatkan dari Pasar Pabean, Surabaya. Di Pabean harga cabai India dijual Rp 55 ribu/Kg.

Sejauh ini, katanya, tidak ada komplain dari pembeli. “Pembeli saya tidak pernah mengeluh, meski kering dan murah tetap cabai India tetap pedas,” katanya.

Dikonfirmasi terkait cabai India yang mulai masuk Pasar Porong, Kadisperindag Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati membantah ada cabai impor masuk wilayah kerjanya. Kalaupun ada sebatas didatangkan pedagang pasar dalam jumlah terbatas.

“Sejauh cek di lapangan belum ada cabai impor, kalau ada karena mereka kulakan dari Surabaya saja,” ujar Fenny.

Terkait cabai kering, Fenny menambahkan, berdasarkan koordinasi dengan Disperindag provinsi memang ada cabai kering asal Kediri yang sudah masuk pasar-pasar di Sidoarjo dengan harga Rp 50 ribu/Kg.

Apakah pihaknya akan melakukan operasi pasar? “Belum memungkinkan untuk dilakukan karena memang tidak ada barang di pasaran,” katanya.

  • HARGA CABAI DI PASAR PORONG
    Cabai Rawit: Rp 110.000
    Cabai Keriting: Rp 25.000
    Cabai Lalap Putih: Rp 45.000
    Cabai Kering: Rp 60.000