PAN Bantah Pergantian untuk Tempatkan ‘Orang Masfuk’

DIGANTI: Agus Maimun, perombakan Fraksi PAN di DPRD Jatim bukan untuk memberi tempat bagi ‘orang-orang’ Masfuk. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua fraksi PAN yang baru, Agus Maimun membantah bahwa perombakan yang terjadi di tubuh fraksinya hanya untuk menempatkan orang yang dekat dengan ketua DPW PAN Jatim, Masfuk. Menurutnya, hal itu lebih didasarkan pada kemudahan rekonsiliasi antara DPW dan fraksi.

“Kalau menggunakan alasan subjektifitas, bisa saja menggunakan alasan itu. Namun, saya pastikan bahwa hal tersebut tidaklah benar,” katanya.

Sebaliknya, katanya, “Partai memandang agar lebih mudah untuk melakukan rekonsiliasi ketika menempatkan orang A di tempat A, orang B di tempat B. Murni untuk meningkatkan efektifitas kinerja saja.”

Pasca keputusan tersebut, Agus juga memastikan bahwa fraksi PAN tetap akan solid. “Tak ada masalah. PAN masih solid,” tandasnya.

• Baca: Diwarnai Tarik Ulur, Empat Ketua Fraksi di DPRD Jatim Diganti

Terkait nama Basuki Babusalam yang awalnya direncanakan menjadi ketua fraksi, memang dibatalkan karena mendapat posisi sebagai sekretaris DPW PAN Jatim.

“Saya secara pasti belum mendengar. Tapi kalau itu dikatakan sebagai penolakan, saya tidak sepakat,” katanya.

Di sisi lain, mantan ketua Fraksi PAN, Malik Effendi, menganggap perombakan fraksi merupakan hal yang wajar.

“Karena batas waktunya adalah dua tahun setengah sehingga biasa ketika diganti. Bergantung dengan keputusan masing-masing partai. Nah, PAN mengeluarkan keputusan untuk mengganti. Itu yang biasa,” ujar Malik.