Minim Pesilat Putri, IPSI Surabaya Gelar Piala DLU

KHUSUS PESILAT PUTRI: Kejuaran pencak silat khusus putri Piala Dharma Lautan Utama II di Gelanggang Remaja, 14-16 April. | Foto: Barometerjatim.com/ TOMMY RABBANI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Terboson baru dibuat Pengcab Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Surabaya. Untuk kali pertama, kejuaran pencak silat khusus putri digelar dengan titel Piala Dharma Lautan Utama II di Gelanggang Remaja, 14-16 April.

Kejuaran khusus bagi pesilat putri bukan tanpa tujuan. Sebab, saat ini Jawa Timur minim pesilat putri, “Di Jawa Timur atlet putri cukup minim,” ucap Ketua Umum Pengcab IPSI Surabaya, Bambang Haryo usai pembukaan, Jumat (13/4) malam.

“Sementara di Surubaya sekarang ada beberapa atlet putri yang selama ini menjadi andalan Jawa Timur sudah tidak bisa lagi bertanding. Seperti sudah menikah dan lainnya.

Melihat kondisi ini, lanjut Bambang, Pengcab IPSI sengaja mengelar kejuaraan khusus mempertandingkan nomor putri untuk mempercepat regenerasi.

“Untuk putri kita harus banyak menyiapkan atlet pelapis. Karena meski usia masih tapi kandang lebih banyak problem, seperti menikah dan harus mengakhiri kariernya sebagai atlet lebih cepat,” ucapnya.

• Baca: Gairah Petarung Muda Berebut Tiket Popnas

Selain mempercepat regenerasi pesilat putri, Piala DLU II ini juga dijadikan ajang seleksi atlet menjelang Kejurda Piala Kartini yang digelar Pengprov IPSI Jatim, akhir bulan ini. “Dari ajang ini, siapa yang terbaik nanti akan kita terjunkan di Piala Kartini,” tandas pria yang juga anggota DPR RI ini.

Total, kejuaran Piala DLU II ini diikuti 137 pesilat putri dari 15 perguruan pencak silat di Surabaya. Sementara di Surabaya tercatat ada sebanyak 45 perguruan.

“Piala Dharma Lautan Utama ini sudah kita gelar dua kali, untuk yang kedua formatnya memang berubah khusus untuk putri yang pertama dulu fokus pembinaan usia dini. Tidak ada masalah, yang pasti kita akan  mendukung,” ucap Direktur Utama PT DLU, Erwin H Poedjono.

Di ajang ini juga diumumkan dua perguruan baru yang resmi terdaftar sebagai anggota IPSI Surabaya, yaitu Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas yang berpusat di Madiun dan Al Fathah berpusat di Sampang.