Gandeng Perpani, Dispora Berburu 19 Pemanah Popnas

SELEKSI ATLET PANAHAN: Dispora melakukan seleksi atlet panahan di Lapangan KONI Jatim yang dipersiapkan untuk ajang Popnas 2017 di Jateng, September mendatang. | Foto: Barometerjatim.com/ TOMMY RABBANI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Upaya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur menyiapkan tim di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) terus bergulir.

Bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jatim, Dispora melakukan seleksi atlet panahan yang dimulai di Lapangan KONI Jatim, Sabtu (15/4) pagi.

Seleksi dilaksanakan selama tiga minggu dalam dua hari, Sabtu dan Minggu. Sedikitnya 49 atlet panahan dari 10 kabupaten dan kota di seluruh Jatim. Yakni Kabupaten Bojonegoro, Sidoarjo, Banyuwangi, Ponorogo, Tuban, Kota Surabaya, Malang dan Kota Blitar.

Dari seleksi ini akan dipilih terbaik 19 atlet yang akan mengikuti Popnas 2017 di Jawa Tengah, September mendatang.

Kepala Dispora Jawa Timur, Supratomo, mengatakan kontingen Jatim untuk Popnas terus mempersiapkan seluruh cabor yang akan dipertandingkan di Popnas.

• Baca: Hasil Selekda, Kodrat Jatim Jaring 36 Petarung

“Tim bayangan Popnas untuk Jatim sudah kami lakukan. Paling tidak untuk cabor panahan sama seperti cabor lainnya, yakni memanggil atlet terbaik yang terjaring dari Popda, di Jember beberapa bulan lalu,” katanya.

Kontingen Jatim untuk Popnas, lanjut Supratomo, bertekad merebut kembali kajayaan Jatim yang pernah menjadi juara berturut–turut hingga empat kali yakni di 2011, 2009, 2007 dan 2005. “Sejak Popnas 2013 kita merosot di urutan kedua dan 2015 kita anjlok urutan ketiga,” ungkapnya.

Sementara pelatih panahan Jatim, Dani Ardiyanto menambahkan, seleksi panahan akan diambil sebanyak 19 dari 49 atlet dari berbagai dareah di Jatim.

“Kita berusaha menjadi yang terbaik di cabor panahan seperti Popnas lalu dengan juara umum. Dari 19 atlet itu termasuk sembilan atlet seeded (ranking terbaik) dari nomor recurve dan compound,” ujarnya.