Gairah Petarung Muda Berebut Tiket Popnas

RESMI DIPERTANDINGKAN DI POPNAS: Baru resmi dipertandingkan di Popnas 2017, cabang olahraga tarung derajat sudah memperebutkan 17 medali emas. | Foto: Barometerjatim.com/TOMMY RABBANI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gairah petarung muda Jawa Timur menyambut Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 cukup luar biasa. Buktinya, tak kurang dari 82 petarung siap berlaga dalam ajang Seleksi Daerah (Selekda) Popnas 2017 di GOR Sidoarjo, Minggu (19/3).

Ketua Harian Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim, Erwin H Poedjono mengatakan ajang ini sengaja digelar untuk mencari petarung terbaik yang akan membawa Jatim di ajang Popnas 2017 yang digelar di Semarang, September mendatang, “Kami ingin mencari yang terbaik dari ajang seleksi ini,” ujarnya, Jumat (17/3).

Rencananya, Pengprov Kodrat Jatim akan tampil di semua kelas yang akan dipertandingkan di Popnas, termasuk kelas seni gerak.

“Tidak hanya di nomor tarung tapi di nomor seni, kami juga akan kirim wakil. Tentu nanti kita akan koordinasi dengan Dispora Jatim, terkait kuota untuk tarung derajat,” ucap Erwin.

Cabang olahraga tarung derajat yang baru resmi dipertandingkan di Popnas 2017 ini sudah memperebutkan 17 medali emas. Terdiri dari 13 emas di nomor tarung bebas dan 4 emas pada nomor seni gerak.

“Kerena ini pelajar, maka kekuatan merata dan peluang semua daerah untuk merebut medali emas sama besarnya,” tandasnya.

• Baca: Ajak Wartawan Sehat, Siwo PWI Jatim Gelar Liga Futsal

Sementara dari 82 petarung yang mengikuti seleksi Popnas, Pengcab Banyuwangi tercatat sebagai daerah paling banyak mengirim atletnya, yaitu 19 petarung. Disusul Surabaya dan Lamongan mengirim delapan atlet dan tuan rumah Siadorjo ada dua atlet.

Selain itu juga ada petarung dari Probolinggo, Bondowoso, Jember, Kota Kediri, Gresik, Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang.

“Tahun ini untuk pertama kalinya tarung derajat resmi di dipertandingkan di Popnas, dua tahun lalu hanya eksebisi. Jadi antusias Pengcab untuk mengirim atlet unuk bisa merebut tiket Popnas cukup tinggi,” ujarnya.