Dua Calon Komisioner KPU Jatim Gagal di Tes Psikologi

TES PSIKOLOGI: 14 calon komisioner tambahan KPU Jatim saat mengikuti tes psikologi. | Foto: IST
TES PSIKOLOGI: 14 calon komisioner tambahan KPU Jatim saat mengikuti tes psikologi. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dua calon komisioner tambahan Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Jatim, Adi Suharyanto dan Muhlisin, gagal di tes psikologi. Sedangkan 12 calon lainnya melaju ke seleksi berikutnya.

“Dari 14 nama yang mengikuti tes psikologi yang lolos 12 nama,” ungkap Kabag Program, Data, Organisasi dan Sumber Daya Manusia KPU Jatim, Suharto di Surabaya, Kamis (2/8).

Daftar nama calon komisioner yang dinyatakan lulus tes psikologi disampaikan melalui surat pengumuman Timsel Nomor 8/PP.06-Pu/35/Tim-Sel/VIII/2018 yang ditandatangani Ketua Timsel, Achmad Jainuri tertanggal 1 Agustus 2018.

• Baca: Dicari! 2 Calon Komisioner KPU Jatim yang Paham Kepemiluan

Ke-12 nama yang lolos dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni Abdul Malik, Agus Edi Winarto, Athoillah, Fatkhur Rohman, Habib M Rohan, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Musyafah, Nurul Amalia, Nur Syamsi, Rochani dan Sapta Andaruisworo.

Totok — sapaan akrab Achmad Jainuri — menjelaskan, nama-nama yang lolos selanjutnya mengikuti tes kesehatan selama dua hari, 2-3 Agustus 2018 di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Dia berharap masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan, terhadap nama-nama calon komisioner dengan disertai identitas jelas kepada Timsel.

• Baca: Pemilu 2019, KPU Jatim Siapkan 130.047 TPS

“Timsel sangat memerlukan masukan masyarakat, dan bisa disampaikan di alamat sekretariat di Jalan Raya Tenggilis 1 Surabaya atau melalui email panselkpujatim@gmail.com,” ucapnya.

Sebelumnya, Timsel membuka pendaftaran untuk mencari dua orang komisioner tambahan sesuai UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa untuk wilayah dengan jumlah penduduk di atas 10 juta jiwa anggota KPU menjadi tujuh orang.

Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jatim, Abdul Chalik mengatakan tim yang dibentuk KPU RI ini akan bekerja hingga 16 Agustus 2018. Diakhir tahapan dengan hanya terpilih dua nama yang akan tercatat sebagai komisioner KPU Jatim.

» TES PSIKOLOGI CALON ANGGOTA KPU JATIM

  • 12 Calon Lolos:
    Abdul Malik, Agus Edi Winarto, Athoillah, Fatkhur Rohman, Habib M Rohan, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Musyafah, Nurul Amalia, Nur Syamsi, Rochani dan Sapta Andaruisworo.
  • 2 Calon Gagal:
    Adi Suharyanto, Muhlisin.