Cari Masukan Penyusunan UU Pemilu, Senator Turun ke Batu

Abdul Qadir Amir Hartono , monitor Pilkada Batu untuk masukan dalam penyusunan UU Pemilu.

BATU, Barometerjatim.com – Anggota DPD RI asal Jatim, Abdul Qadir Amir Hartono turun ke Kota Batu untuk memonitoring Pilkada di Kota Apel tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengetahui berbagai persoalan Pilkada sebagai masukan dalam penyusunan UU Pemilu.

“Dengan turun dan melihat langsung tahapan pelaksanaan Pilkada, kami bisa mengetahui dimana saja persoalan yang bisa diakomodir penyelesaianya dalam UU Pemilu nantinya,” kata pria yang akrab disapa Gus Anton itu di KPU Kota Batu, Selasa (17/1/2017).

Dari hasil monitoring yang dilakukannya dalam Pilkada Kota Batu, menurut Abdul Qadir, dirasa tidak ada persoalan yang signifikan. Ini karena KPU Kota Batu sebagai penyelenggara cukup cepat bekerja dan telah melakukan persiapan dengan baik.

“Termasuk dalam pemanfaatan IT sebagai penunjang pelaksanaan Pilkada sudah tertata sesuai dengan peruntukkanya. Kami mengapresiasi KPU Kota Batu yang sudah cukup baik dalam melaksanakan tahapan pelaksanaan Pilkada,” katanya.

Selain itu, pihaknya memastikan potensi terjadinya money politic dalam Pilkada Kota Batu masih ada dan langkah pencegahan yang dilakukan oleh KPU dan instansi terkait lain sudah tepat. Di antaranya dengan melakukan sosialisasi kepada para pemilik hak suara untuk tidak mudah terpengaruh oleh uang dalam menentukan pilihan.

“Tinggal nanti dilihat apakah pemilih betul-betul tidak tergoda oleh uang atau justru mudah dipengaruhi uang. Itu yang akan dilihat nanti ketika coblosan,” tandasnya.

Di sisi lain Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan pihaknya menyambut baik monitoring yang dilakukan DPD RI. “Kami berharap dari hasil monitoring tersebut bisa menjadi bahan untuk perbaikan aturan atau UU Pilkada,” katanya.• roy/sml