260 Tak Ada Masalah, 101 Harusnya Lebih Aman

Ilustrasi (Ist)

SIDOARJO, Barometerjatim.com – 49 gugatan hasil Pilkada serentak di 101 wilayah masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK). Bagi Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, gelombang gugatan itu membuktikan peserta Pilkada mulai sadar hukum dan harus dihormati.

Zulkifli percaya hasil Pilkada serentak tak akan berujung perpecahan. “Saya percaya dulu 260 (jumlah wilayah yang menggelar Pilkada serentak pada 2016) tak ada masalah, ini 101 (2017) mudah-mudahan (tidak ada masalah),” katanya usai acara Pemantapan Wawasan Kebangsaan XI di Gedung Srijaya Surabaya, Jumat (3/3) malam.

• Baca: Ketua MPR Sambut Ajakan Raja Salman Perangi Terorisme

Kalaupun sampai ada masalah, lanjut Zulkifli, polisi sangat siap mengatasi keadaan. Dia juga menyesalkan kerusuhan yang terjadi akibat perselisihan kubu calon berlawanan di Pilkada Intan Jaya, Papua, Kamis (23/2), yang menewaskan tiga orang dan mengakibatkan kantor KPU setempat terbakar.

“Tidak selayaknya Pilkada mengorbankan persatuan. Ini yang ‘berlawanan’ antarsaudara, kita bukan melawan Belanda,” ujarnya. “Kalau sekarang belum beruntung kan ada MK. Kalau di MK kalah nanti lima tahun bisa mau lagi. Jangan sampai Pilkada mengorbankan persatuan.”