Belum Tetapkan Tersangka, Polisi Tunggu Bukti Ilmiah

TUNGGU BUKTI ILMIAH: AKBP Shinto Silitonga, penetapan tersangka kasus video mesum di ruang ganti mall tunggu bukti ilmiah dan pemeriksaan tambahan saksi. | Foto: Barometerjatim/BAYAN AR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Masih menunggu bukti ilmiah (scientific evidence) dan tambahan saksi. Dua hal itu menjadi alasan penyidik Polrestabes Surabaya yang hingga belum menetapkan tersangka kasus video pelajar kepergok mesum di kamar ganti (fitting room) Lotte Mart lantai B1 Pakuwon Mall, Surabaya.

Meski demikian, pihak Satreskrim Polrestabes Surabaya mengaku sudah melakukan gelar perkara awal untuk menganalisa alat bukti yang sudah dikumpulkan. Gelar perkara ini sekaligus untuk mengkonstruksi pemenuhan alat bukti (jeratan) pasal yang tepat bagi calon tersangka.

Terkait tambahan saksi, Satreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga menyebut lima security mall, yakni Khoirun, Edi Samsu, Saiful, Zubari dan Nunung.

• Baca: Pelaku Pelajar SMA, Dua Kali ‘Bermain’ di Tempat yang Sama

Sebelumnya sudah enam saksi yang diperiksa, yakni WT (16) dan YW (15) selaku pasangan yang kepergok mesum; HRD Lotte Mart, Terri Noris (25); Pengawas Non Food Lotte Mart, Devi Firdausita (23); Komandan Regu Sekuriti, Sigit Setiawan (34) dan Wadanru Sekuriti, Muh Kusno (36).

“Sampai saat ini penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap 11 orang saksi, terdiri dari dua pelajar yang kepergok mesum, tujuh security mall, satu HRD dan satu pengawas non food Lotte Mart,” terang Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga, Jumat (10/3).

Shinto menambahkan, pihaknya juga kembali melakukan penyitaan terhadap 29 unit handphone (HP) yang sebelumnya hanya tiga unit, yakni milik Sigit, Devi dan Terri. Sehingga total HP yang disita saat ini ada 32 unit.

29 HP ini milik para satpam lainnya, yang tergabung dalam Grup WA (WhatsApp). Grup yang diberi nama Pakuwon Mall GA/LP tersebut beranggotakan security dan HRD mall.

“Penyidik juga telah menganalisa lima unit CCTV yang merekam peristiwa tersebut mulai dari fitting room, selasar counter, gudang barang hingga kantor sekuriti. Selain itu menyita copy CCTV tersebut untuk menjadi bahan dalam pemeriksaan tambahan terhadap para saksi ini,” papar perwira dengan dua melati di pundak itu.

“Kami juga masih menunggu scientific evidence dari Labfor Polda Jatim. Sehingga sampai hari ini kami belum bisa menentukan siapa tersangka dalam kasus ini,” tandas Shinto.

• Baca: Remaja 15 Tahun Kepergok Mesum di Ruang Ganti Mall

Seperti diberitakan, peristiwa yang terjadi pada Sabtu (4/3) sore sekitar pukul 17.00 WIB di Lotte Mall lantai B1 Pakuwon Mall Surabaya ini, menjadi viral setelah rekaman penggerebekan dua pelajar mesum di kamar ganti diunggah di media sosial.

Dalam penyelidikan sementara kepolisian, ada dua rekaman dalam kejadian yang salah satunya diposting di Grup WA Pakuwon Mall GA/LP.