Diwarnai 10 Kartu Kuning, Persela Gampar Persebaya 1-0

SENGIT: Pemain Persela Rafinha (biru), mencoba lepas dari kawalan pemain Persebaya. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL
SENGIT: Pemain Persela Rafinha (biru), coba lepas dari kawalan pemain Persebaya. | Foto: Barometerjatim.com/DANI IQBAAL

SURABAYA, Barometerjatim.com – Derby Jatim antara Persela melawan Persebaya berlangsung keras dan sengit. Sampai-sampai wasit harus mengeluarkan 10 kartu kuning.

Hasilnya, Persela sukses menumbangkan Persebaya dengan skor tipis 1-0 pada pekan ke-24 Liga 1 di Stadion Surajaya Lamongan, Rabu (23/10/2019).

Usai laga, pelatih Persela Nil Maizar mengaku bersyukur dengan kemenangan tersebut. Raihan tiga poin disebutnya berkat kerja keras semua pemain sepanjang laga.

Selain itu, pemain menunjukkan performa yang diinginkan yakni bertanding dengan determinasi tinggi. Tiga poin ini menjadi modal penting untuk laga tandang di pekan berikutnya.

“Pemain bermain spartan 2 x 45 menit, bermain dengan tidak patah hati. Kita bersyukur dengan kemenangan ini. Kita berharap dengan tren positif ini, pemain bisa konsisten pada laga berikutnya,” kata Nil.

Sementara pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal mengakui pemainnya bermain seperti kehilangan tenaga, tidak bermain dengan bagus sepanjang pertandingan.

Kekalahan, menurut mantan asisten timnas Indonesia tersebut, akan menjadi bahan evaluasi untuk laga berikutnya.

“Ya, laga tadi berat, pemain seperti kehilangan tenaga. Pemain tidak bisa bermain dengan bagus. Kekalahan ini akan jadi bahan evaluasi,” singkat Pikal.

Duel Tempo Tinggi

Bermain dengan tempo tinggi, kedua tim sudah melakukan beberapa kali percobaan untuk membuat gol. Persela membuka kesempatan melalui penyerangnya Alex Dos Santos di menit ke-15 namun gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Menit ke-23, Laskar Joko Tingkir — julukan Persela — kembali nyaris membuka keran gol andai tendangan Rafinha tidak melenceng tipis ke gawang Persebaya.

Persebaya tidak mau ditekan, di menit ke-35 tendangan penyerang asal Brasil David da Silva bisa diamankan kiper Persela, Dwi Kuswanto.

Lima menit kemudian, tepatnya di menit ke-40, tendangan Irfan Jaya hampir membuat Bajul Ijo — julukan Persebaya unggul — namun tendangannya mental di kaki pemain belakang Persela. Hingga akhir babak pertama skor masih imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Persebaya tetap ofensif menyerang, sundulan David da Silva di menit ke-50 masih lemah sehingga bisa diamankan kiper Dwi Kuswanto.

Tidak ingin dipermalukan di kandang, Persela terus bermain menyerang. Di menit ke-57 tendangan keras gelandang Persela, Lucky Wahyu masih melambung ke sisi kanan gawang Persebaya.

Penyerang Persela, Malik Rizaldi akhirnya memecahkan kebuntuan setelah mencetak gol di menit ke-63. Malik memanfaatkan bola liar di depan gawang Persebaya hasil tendangan Kei Hirose. Persela unggul 1-0 dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini membuat Persela keluar dari zona degradasi, naik ke posisi 15 dengan poin 23. Sedangkan Persebaya masih bertahan di peringkat delapan dengan poin 31.

» Baca Berita Terkait Liga 1