Jatim Peringkat 3 Anugerah Media Humas 2023 Kategori Website, Juara Disabet DKI Jakarta!

| -
Jatim Peringkat 3 Anugerah Media Humas 2023 Kategori Website, Juara Disabet DKI Jakarta!
PERINGKAT 3: Kadiskominfo Jatim, Sherlita menerima penghargaan peringkat 3 kategori website. | Foto: AMH 2023

SURABAYA | Barometer Jatim – Enam kategori dipertandingkan dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2023. Yakni media sosial, kampanye komunikasi publik, penerbitan media internal (in-house magazine), siaran pers media online, website, dan media audio visual.

Dari enam kategori tersebut, Pemprov Jatim hanya mampu membawa pulang 1 trofi, yakni peringkat 3 kategori website kelompok provinsi. Sedangkan juara disabet Pemprov DKI Jakarta dan peringkat II diraih Pemprov Jawa Barat.

Trofi dan piagam penghargaan peringkat 3 Pemprov Jatim diterima Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin pada Malam AMH 2023 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi Informatika (Ditjen IKP Kemenkominfo) di Hotel Westin Surabaya, Senin (30/10/2023).

| Baca juga:

Jika Pemprov Jatim hanya mampu membawa pulang satu trofi pringkat 3 kategori website, empat kabupaten/kota di Jatim justru berhasil meraih juara. Yakni Pemkab Tuban (kategori website) Pemkot Surabaya (media sosial), Pemkot Madiun (siaran pers media online), dan Pemkot Malang (media audio visual).

Selain kelompok Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, peserta AMH 2023 juga diikuti satu kelompok lainnya yakni Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Usai acara, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Adhy Karyono yang hadir dalam AMH 2023 menekankan pentingnya peran Humas bagi keberhasilan instansi, terutama pemerintah. Sebab, publikasi merupakan salah satu pondasi transparansi untuk masyarakat.

"Ini adalah apresiasi tertinggi. Karena mau bagaimana pun kerja kita, kalau kinerja kehumasannya bermasalah tidak akan berhasil," katanya.

| Baca juga:

Publikasi oleh Humas, sebut Adhy, juga berdampak besar pada reputasi instansi. Sehingga, akan berefek pada sektor riil dan juga membantu investasi maupun pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, dengan teknologi informasi yang semakin pesat, dia berharap Humas dapat menyesuaikan diri dengan digitalisasi. Sehingga, strategi penyampaian informasi akan semakin kuat.

"Di Jatim ini Indeks Literasi Digital 3,58 dan Indeks Masyarakat Digital kita sudah 39,42. Sementara, Indeks Kemerdekaan Pers Jatim meningkat menjadi 76,55 dan berada di atas rata-rata nasional 71,57. Maka ini bisa menjadi gerbang inovasi kehumasan," katanya.

Enam Senjata Humas

Sementara itu Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong mengatakan bahwa peran Humas sangat vital. Terutama dalam nation branding di berbagai event bertaraf internasional seperti kepemimpinan Indonesia dalam KTT ASEAN 2023 lalu.

"Sesungguhnya ini peluang bagi Humas untuk menunjukkan eksistensi dan peran pentingnya dalam membranding negara. Jadi bukan hanya sekadar untuk mencuri perhatian dunia saja," katanya.

| Baca juga:

Dia juga mengatakan, keenam kategori yang diperlombakan merupakan wujud dari enam senjata Humas. Untuk itu, masing-masing kategori membutuhkan perlakuan yang berbeda.

"Makanya kita butuh masing-masing langkah strategis dalam mengelola berbagai medium komunikasi publik tersebut. Bagaimana mengimplementasikan serta mengukur dampaknya secara nyata. Inilah kunci keberhasilan Humas," pungkasnya.{*}

Baca berita Korupsi Pemprov Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR  | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.