Cak Imin Ziarah ke Makam Bung Karno karena Diperintah Kiai: Disuruh ke Sini Ya ke Sini!

| -
Cak Imin Ziarah ke Makam Bung Karno karena Diperintah Kiai: Disuruh ke Sini Ya ke Sini!
ZIARAHI PROKLAMATOR: Cak Imin dan rombongan ziarah ke makam Bung Karno di Blitar. | Foto: IST

BLITAR | Barometer Jatim – Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno di Blitar, Kamis (11/1/2024) sore.

Cak Imin menuturkan, ziarah ke makam ayahanda Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tersebut dilakukan sesuai dengan arahan kiai yang didapat dari istikharah mereka.

“Ada beberapa kiai yang memerintah saya untuk sowan ke Bung Karno,” kata Cak Imin yang ditemani beberapa petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di antaranya Jazilul Fawaid, Faishal Reza dan Bupati Blitar.

“Istikharahnya (kiai) saya dipanggil ke sini supaya menghadap beliau. Ndak tahu, saya disuruh ke sini ya ke sini,” sambungnya.

| Baca juga:

Terkait istikharah para kiai yang dikhususkan untuk dirinya, tandas Cak Imin, tidak ada hal khusus yang didapat. Dia hanya berharap ada pertanda baik, apalagi saat ini dalam kondisi berjuang dalam perhelatan Pilpres 2024.

“Nanti kita lihat mimpi berikutnya apa?” ucap Cawapres pasangan Capres Anies Baswedan tersebut.

Selebihnya, Cak Imin mengenang sosok Bung Karno karena memiliki jasa besar kepada Indonesia. Ilmu-ilmu yang dimiliki Bung Karno layak menjadi pegangan.

| Baca juga:

“Terutama gagasan kerakyatan sekaligus nation building yang kita jaga. Supaya kita tidak belok-belok, supaya kita tidak liberal, supaya kita tidak terpengaruh, kayak ekonomi yang tidak mengindahkan kebutuhan bangsa kita sendiri,” ujarnya.

Dia berjanji, jika Anies-Muhaimin (Amin) menang akan menjalankan nilai-nilai yang sudah diajarkan Bung Karno. Bahwa seharusnya Indonesia menjadi negara daulat di semua sektor, tanpa ketergantungan dengan negara lain.

“Kalau Amin menang nanti Bung Karno sebagai inspirasi, agar kedaulatah pangan, kedaulatan energi, kedaulatan ekonomi, kedaulatan budaya yang itu perintah Bung Karno, kita laksanakan nanti,” ucapnya.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.