Kongres Dipercepat! PDIP Jatim Gelar Konfercab Serentak 3 Zona

KONFERCAB SERENTAK: Kusnadi, Konfercab di Jatim digelar serentak di tiga zona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KONFERCAB SERENTAK: Kusnadi, Konfercab PDIP se-Jatim digelar serentak di tiga zona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – DPD PDIP Jatim akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) serentak di 38 kabupaten/kota, Minggu (7/7/2019), yang dibagi dalam zona: Surabaya, Malang dan Madiun.

“Ini memang kedua kalinya PDIP melaksanakan Konfercab serentak. Lima tahun lalu juga melaksanakan Konfercab hanya tempatnya berbeda,” terang Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi di kantornya, Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Konfercab serentak ini, lanjut Kusnadi, merupakan tahapan proses menuju Kongres V PDIP di Bali, 8-10 Agustus 2019. “Kalau kita melihat periode waktu, Konfercab, Konferda dan Kongres memang dipercepat kurang lebih enam bulan,” katanya.

Soal alasan dipercepat, karena setidaknya ada dua pertimbangan dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri yang disampaikannya saat Rakernas IV PDIP di Jakarta, Juni lalu.

Pertama, sebagai Parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin, PDIP mempunyai tanggung jawab membantu presiden dan wakil presiden untuk mewujudkan janji-janji kampanye saat Pilpres 2019.

“Maka nanti pada saat presiden dilantik, kita tidak lagi disibukkan dengan konsolidasi organisasi. Sehingga begitu presiden dilantik, kita juga bersama-sama untuk go mendukung program-program yang sudah dicanangkan,” paparnya.

Kedua, terkait Pilkada serentak 2020 dan prosesnya dimulai September 2019 yang diikuti 270 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Semula, Pilkada tahun depan diikuti 269 daerah. Namun bertambah menjadi 270 karena Pilkada Kota Makassar diulang pelaksanaannya.

“Lha kalau mengikuti jadwal kita pada tahun depan baru melaksanakan konsolidasi organinisasi, pasti kita tidak akan sempat untuk mempersiapkan diri dalam konteks Pilkada serentak ini,” jelas Kusnadi.

Pembaruan Penugasan SKB

Sementara terkait pokok agenda Konfercab PDIP se-Jatim, menurut Kusnadi, yakni pembaruan penugasan DPP PDIP untuk ketua, sekretaris dan bendahara (SKB) partai di tingkat cabang kabupaten dan kota.

Seperti diatur dalam Peraturan PDIP No 28 Tahun 2019, kepengurusan PAC (kecamatan), DPC (kabupaten/kota), DPD (provinsi) serta DPP diberikan kewenangan untuk mengusulkan para calon ketua level kabupaten/kota dan provinsi. Tapi kewenangan pengambilan keputusan sepenuhnya otoritas DPP.

Karena itu, forum Konfercab hanya membacakan keputusan DPP tentang nama-nama SKB DPC seluruh kabupaten/kota di Jatim, sekaligus menyusun kepengurusan baru untuk melengkapi KSB tersebut.

“Kita semua tidak tahu siapa nama-nama pengurus kabupaten/kota yang telah diputuskan DPP. Nama-nama itu dicatat dalam dokumen khusus, yang dimasukkan dalam amplop bersegel dan akan dibuka serta diumumkan dalam Konfercab,” ujar Kusnadi.

Politikus yang juga anggota DPRD Jatim itu hanya memastikan, melalui Konfercab tersebut seluruh kader PDIP dengan antusiasme tinggi siap memperkuat pola kepemimpinan gotong royong hingga tingkat terbawah.

Seluruh keluarga besar PDIP Jatim, tandas Kusnadi, dalam posisi tunduk dan patuh, serta loyal dengan semua keputusan DPP. “Kami semua dalam posisi menjalankan perintah dan keputusan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri,” tegasnya.

KONFERCAB SERENTAK PDIP SE-JATIM

  • Zona Surabaya: 14 Cabang
  • Zona Malang: 13 Cabang
  • Zona Madiun: 11 Cabang

» Baca Berita Terkait PDIP