Konferwil Ansor Jatim, Pemilihan Ketua Sangat Mungkin Aklamasi!

GUS SYAFIQ ATAU GUS ABID?: Pemilihan Ketua Ansor Jatim berpeluang aklamasi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
GUS SYAFIQ ATAU GUS ABID?: Pemilihan Ketua Ansor Jatim berpeluang aklamasi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pendaftaran calon ketua PW GP Ansor Jatim dibuka mulai Senin, (8/7/2019). Namun hingga kini belum satu pun kandidat yang declare maju.

Dua kandidat terkuat, Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid dan Syafiq Syauqi alias Gus Syafiq juga masih adem ayem. Dalam beberapa kali diwawancarai Barometerjatim.com, keduanya hanya menyatakan siap maju asal dicalonkan.

Jika saling menunggu, adakah peluang untuk aklamasi? “Oh, sangat mungkin!” tegas Ketua Karteker Ansor Jatim, Abdul Hakam Aqso usai audiensi ke Dewan Penasihat Ansor Jatim, Abdul Halim Iskandar yang juga ketua PKB Jatim, Kamis (4/7/2019).

“Karena hari ini generasi muda NU, bahkan itu sudah diawali dari PBNU ya, termasuk Banom-Banomnya di bawah disarankan pemilihan itu jadi opsi paling terakhir,” tandasnya.

Menurut Hakam, tahapan dalam pemilihan, yang paling diutamakan tetap musyawarah mufakat dan seterusnya. “Jadi voting itu menjadi opsi paling akhir,” ujarnya.

Andai benar aklamasi, Gus Abid atau Gus Syafiq yang berpeluang dikehendaki peserta Konferwil? “Saya tidak tahu, kebetulan saya kan bukan orang Jatim, saya orang Jateng,” sergah Hakam mengisyaratkan netralitas karteker.

Bagiamana kalau yang muncul calon tunggal? “Ya tinggal disahkan saja. Persyaratannya masuk atau tidak, otomatis nanti kalau calon tunggal ya aklamasi,” ucapnya.

Seperti diberitakan, Konferensi Wilayah (Konferwil) Ansor Jatim akan digelar 28 Juli di Ponpes Sabilurrosyad, Malang. Proses dimulai dengan akreditasi ulang PC dan PAC — pemilik suara di Konferwil — sejak kemarin hingga Minggu (7/7/2019) malam.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil