Konferwil, Ra Ghufron ‘Usik’ Upaya Aklamasi untuk Gus Abid

KONFERWIL ANSOR JATIM: Ra Ghufron (tengah), calon penantang Gus Abid dan Gus Syafiq. | Foto: IST
KONFERWIL ANSOR JATIM: Ra Ghufron (tengah), calon penantang Gus Abid dan Gus Syafiq. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di tengah upaya penggiringan aklamasi untuk Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid), muncul nama Sekretaris Nasional Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) 2016-2018, Ahmad Ghufron Sirodj alias Ra Ghufron sebagai kandidat ketua PW GP Ansor Jatim.

Adalah Ketua PC GP Ansor Situbondo, Yogie Kripsian Sah yang mendorang Ra Ghufron untuk maju. Ra Ghufron dinilai sebagai sosok yang memiliki ide, gagasan dan visi misi serta karakter kepemimpinan yang mampu menjawab kebutuhan organisasi.

“Karena melihat kebutuhan organisasi ke depan diperlukan sosok yang tuntas kaderisasi, dan punya militansi dalam mengelola organisasi. Itu ada di sosok Ra Ghufron,” kata Yogie memberi alasan dukungannya, Sabtu (13/7/2019).

Tak hanya mendorong, Yogie bahkan sudah menyiapkan surat rekomendasi dari Pimpinan Cabang (PC) dan 17 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di bawah koordinasinya, untuk memberikan dukungan penuh kepada Ra Ghufron.

Hal senada disampaikan Ketua PC GP Ansor Kota Kediri, Wazid Khusni. Menurutnya, Ra Ghufron merupakan kandidat alternatif.

Selain punya gagasan kuat, Wazid meyakini kehadiran ‘jagoannya’ itu bisa memecah kebuntuan. “Ra Ghufron bisa berkomunikasi dan diterima oleh kedua kandidat lainnya (Gus Abid dan Syafiq Syauqi alias Gus Syafiq),” klaimnya.

Sama dengan Yogie, Wazid juga mengaku tengah membangun komunikasi dengan cabang-cabang yang lain untuk memberikan dukungan serupa kepada Ra Ghufron.

Kaderisasi dari Bawah

Tak hanya dari PC, Ra Ghufron juga didorong sejumlah ketua PAC yang PC-nya justru mendukung calon lainnya. Dia dinilai sosok yang menapaki proses kaderisasi dari bawah.

Ketua PAC Ansor Beji, Cabang Bangil, Hasan Ubaidillah, misalnya. Menilai Ra Ghufron sosok visioner, yang tercermin dari visi-misinya jika kelak terpilih jadi ketua Ansor Jatim.

“Ra Ghufron bertekad untuk kembali melakukan konsolidasi organisasi, memaksimalkan manajerial organisasi, memperkuat jaringan serta memberdayakan kader. Ini merupakan itikad baik untuk membangun Ansor ke depan,” jelasnya.

Seperti diketahui, sejumlah PC — termasuk PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi — berupaya melakukan penggiringan aklamasi untuk Gus Abid.

“Inginnya aklamasi menang Gus Abid gitu lho. Kegiatan Konferwil itu kan tidak hanya pemilihan ketua saja, ya proses kayak di NU-lah, Ahwa (Ahlul Halli wal Aqdi). Ya mengharapkan aklamsi untuk Gus Abid,” kata Sekretaris PC GP Ansor Banyuwangi, Mahbub Junaidi.

Upaya ‘skenario’ aklamasi untuk Gus Abid, bahkan dilontarkan Ketua PW Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Jatim, Abdul Wahab Yahya jauh hari, atau 13 hari sebelum SK penunjukan Gus Abid sebagai ketua Ansor Jatim berakhir.

“Inginnya Rijalul Ansor ya aklamasilah, biar teduh. Aklamasi untuk Gus Abid, karena sampai saat ini kandidat terkuat masih Gus Abid,” kata kiai muda yang akrab disapa Gus Wahab itu pada Barometerjatim.com, 18 Mei 2019.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil