Gus Abid Layak Pimpin Ansor Jatim karena Orangnya PKB!

JELANG KONFERWIL ANSOR: Gus Abid, penuhi kriteria ketua definitif PW GP Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JELANG KONFERWIL ANSOR: Gus Abid, penuhi kriteria ketua definitif PW GP Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejumlah pimpinan cabang (PC) mulai terbuka menyebut, siapa kandidat yang layak dipilih menjadi ketua PW GP Ansor Jatim saat Konferensi Wilayah (Konferwil) di Ponpes Sabilurrosyad Kota Malang, 28 Juli mendatang.

Ketua PC GP Ansor Gresik, Agus Junaidi Hamzah misalnya, menegaskan bersama 16 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di bawah koordinasinya akan memilih Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid karena orangnya PKB.

PKB yang dimaksud Junaidi bukanlah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tapi singkatan dari Pinter, Kober dan Bener. “Kalau istilah kiai-kiai, jadi pimpinan di Nahdlatul Ulama (NU) itu harus PKB,” katanya pada wartawan di Surabaya, Selasa (9/7/2019) malam.

Pinter, jelas Junaidi, semua kader Ansor pinter karena jenjang kepengurusan atau kaderisasi. Kalau memang sudah siap dicalonkan ketua Ansor Jatim, maka kriteria diklat dan sebagainya harus lulus dan lolos administrasi.

“Ini tentunya pinter, mampu dalam me-manage organisasi sebesar dan semodern Ansor,” ujar Junaidi.

Lalu kober, dalam arti ada waktu untuk mengurus organisasi, karena di Jatim ada 42 PC dengan hampir 600 PAC. “Kalau ketua PW enggak punya waktu, dalam artian susah untuk mengkonsolidir PAC maupun ranting, saya kira akan melemahkan organisasi kita,” paparnya.

Berikutnya, bener. Dalam berorganisasi, papar Junaidi, kader Ansor harus memahami kalau hari ini Nahdliyin (warga NU) ingin mengembalikan ruh organisasi pada pesantren.

“Dan kandidat yang muncul juga sudah jelas trah kekiaianya, kepesantrenannya. Jadi tinggal figur siapa yang layak itu sudah bisa ditebak, sudah jelas siapa yang mampu untuk memimpin Ansor ke depan,” katanya.

Rapor Selama 6 Bulan

Apakah selama enam bulan ditunjuk memimpin Ansor Jatim, Gus Abid sudah memenuhi kriteria PKB? “Insyaallah sudah, beberapa kali ketika PC Gresik ngundang juga selalu hadir. Even-even yang harus ada PW, beliau juga hadir,” katanya.

Soal jenjang di organisasi, Gus Abid bahakn bisa dibilang kader yang komplet. Mulai menjabat Komandan Satkorwil Banser Jatim, sekretaris hingga ketua PW Ansor Jatim hasil penunjukan pimpinan pusat (PP).

“Ini kan sudah lengkap. Masa proses beliau ini sudah tuntas lah dalam ujian atau penempaan sebagai kader kan tuntas,” jelasnya.

“Di Satkorwil itu ada ribuan Banser yang harus dibariskan. Di sekretaris juga me-manage administrasi, yang menurut PP maupun tim karteker mampu mengakomodir, memberi warna di tingkatan teman-teman PAC,” sambungnya.

Nah, kriteria dan rapor jempolan itulah yang membuat Ansor Gresik bersama 16 PAC-nya akan memilih Gus Abid di Konferwil nanti. “(Ansor) Gresik sederhana saja, calonnya harus PKB. Gresik solid, satu suara, satu komando,” tegas Junaidi.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil