Konferwil Ansor, Gus Wahab Giring Aklamasi untuk Gus Abid!

Gus Wahab (kanan), usulkan aklamasi untuk Gus Abid di Konfrewil Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Gus Wahab (kanan), usulkan aklamasi untuk Gus Abid di Konfrewil Ansor Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – 13 hari lagi SK penunjukan Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid sebagai ketua PW GP Ansor Jatim habis. Sesuai janjinya, Konferwil akan digelar sebelum 30 Mei 2019 yang diawali dengan pra Konferwil.

Di tengah suasana penantian panjang Konferwil — Ansor Jatim tak lagi punya ketua definitif sejak 27 Desember 2017 — Ketua PW Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Jatim, Abdul Wahab Yahya melontarkan usulan agar disepakati aklamasi untuk Gus Abid.

“Inginnya Rijalul Ansor ya aklamasilah, biar teduh. Aklamasi untuk Gus Abid, karena sampai saat ini kandidat terkuat masih Gus Abid,” kata kiai muda yang akrab disapa Gus Wahab itu pada Barometerjatim.com, Sabtu (18/5/2019).

Apa tidak khawatir terjadi kasak kusuk, kalau OKP sebesar Ansor memutuskan jalan aklamasi untuk memilih ketua?

“Kalau aklamasi bisa ya enggak apa-apa, yang penting Ansor Jatim maju. Kita usulkan aklamasi dulu, tapi kalau banyak yang mengusulkan berkompetisi juga enggak apa-apa, monggo, kan demokrasi toh,” jelasnya.

Gus Wahab juga menegaskan, sampai detik ini dirinya tak berubah mendukung Gus Abid karena cucu Pengasuh Ponpes Ploso, Kediri, KH Zainuddin Djazuli itu dilihatnya paling bisa memimpin Ansor Jatim.

“Mulai dari sahabat Rudi (Triwahid), sahabat Gus Aam (Sholahul Aam Notobuwono), ya baru Gus Abid ini sering sekali PC-PC dikumpulkan. Kalau sudah konsolidasi dan saling silaturahim, kan ada kekuatan yang memungkinkan Ansor Jatim menjadi barometer Ansor nasional,” paparnya.

Saat ditanya terkait usulan Ahwa (Ahlul Halli wal Aqdi) dalam pemilihan ketua Ansor Jatim, Gus Wahab tidak sependapat karena model seperti itu ranahnya Nahdlatul Ulama (NU), bukan Badan Otonom (Banom).

“Kalau saya aklamasi saja. Jadi Rijalul Ansor ini kan mendukung agar Konferwil jadi (digelar), kegiatan Rijalul Ansor tetap dilaksankan, dan mengusulkan kalau bisa aklamasi saja untuk Gus Abid,” ucapnya.

Seperti diberitakan, jelang Konferwil Ansor Jatim dua kandidat ketua masih belum berubah. Selain Gus Abid, satu lainnya yakni Ketua PC GP Ansor Tuban, Syafiq Syauqi alias Gus Syafiq.•

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Konferwil