Warga NU Dukung Calon yang Komitmen ‘Hijaukan’ Surabaya

TAUSHIYAH: Muhibbin Zuhri (jas hitam) menghadiri pengajian di Rungkut. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TAUSHIYAH: Muhibbin Zuhri (jas hitam) menghadiri pengajian di Rungkut. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Memasuki September, kandidat wali kota Surabaya pasca kepemimpinan Tri Rismaharini alias Risma gencar bermunculan. Termasuk sejumlah kader dari Nahdlatul Ulama (NU).

Menyikapi hal tersebut, Ketua PCNU Surabaya, KH Achmad Muhibbin Zuhri menegaskan pihaknya akan mengarahkan warganya untuk memilih calon pemimpin yang tepat di Pilwali Surabaya 2020.

“Yang penting NU ini, sebagai pengayom warga, kita pada saatnya ingin mengerahkan ke warga kita pada pilihan yang tepat,” tuturnya pada Barometerjatim.com usai menghadiri pengajian di Medoakan Ayu, Rungkut, Surabaya, Senin (9/9/2019) malam.

Selain diikuti ratusan jamaah, hadir pula dalam pengajian tersebut Pengasuh Ponpes Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang, KH Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans.

Apakah PCNU akan mengarahkan warganya mendukung calon dari kader NU? “Yang didukung harus punya komitmen kuat pada ‘menghijaukan’ Surabaya,” tegasnya.

Artinya yang didukung bisa dari luar kader NU? “Itu nanti dikaji dulu lah. Mengenai person nanti sambil jalan, kan kita belum tahu calonnya,” ujarnya.

“Itu kewenangan partai-partai politik untuk mencalonkan siapa nanti, baru kita akan melihat. Jadi kita masih menunggu proses politik,” tegasnya.

Menurut Muhibbin, pengurus ingin belajar dari proses politik sebelumnya agar NU tetap menyatukan langkah dan gerakan.

“Kemarin sudah didahului pembicaraan teman-teman ingin belajar dari yang kemarin-kemarin, supaya kompak, NU-nya, Banom-Banom, insyaallah,” ucapnya.

Saat ditanya adakah calon yang sudah berkomunikasi dengan PCNU, Muhibbin menyebut banyak. “Silaturahim ya. Tapi nama-nama yang muncul di media kan belum calon,” ujarnya.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, NU