Cari Bacabup dari NU, Hidar Assegaf Sowan ke Haji Masnuh

PENJAJAKAN: Hidar Assegaf (kiri) sowan ke Haji Masnuh, jajaki maju Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PENJAJAKAN: Hidar Assegaf (kiri) sowan ke Haji Masnuh, jajaki maju Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Sosok Haji Masnuh yang dinilai merepresentasikan Nahdlatul Ulama (NU) — terutama di basis kultural — membuat kandidat lainnya, Hidar Assegaf tertarik melakukan penjajakan untuk bergandengan di Pilbup Sidoarjo 2020.

Hidar, pengusaha yang juga kader Partai Gerindra tersebut, Senin (9/9/2019) sore melakukan silaturahim ke kantor Haji Masnuh di kawasan Waru, Sidoarjo.

Usai melakukan pembicaraan sekitar dua jam, Hidar yang siap maju sebagai calon wakil bupati, berterus terang kalau kedatangannya untuk melakukan penjajakan. Apalagi dia menginginkan calon bupati yang akan didampinginnya dari kalangan NU.

Mengapa harus dari kalangan NU? “Harus, karena saya lihat platform NU hampir enggak jauh beda dengan visi misi saya, yaitu menjadikan Sidoarjo menjadi kota yang penuh iman, santun, kota yang santri dan insani,” terangnya.

Hidar berharap antara dirinya dan Haji Masnuh ada kesamaan dan berpeluang diusung Gerindra. Sebab di internal Gerindra, ada tiga kandidat yang siap maju. Selain dirinya, dua kader lainnya yakni Bambang Haryo (mantan anggota DPR RI) dan Rahmat Muhajirin (anggota DPR RI).

“Nanti tinggal dilihat dinamika politiknya bagaimana. Selain itu sudah ada beberapa partai yang saya kunjungi,” ujar Dirut PT Megas tersebut.

Kalaupun tidak diusung Gerindra, Hidar sudah menyiapkan diri untuk maju lewat jalur perseorangan alias independen.

“Apabila dari partai saya sendiri mungkin memilih salah satu di antara kami bertiga, kita sudah siapkan untuk jalur independen,” ujarnya.

Bahkan dia mempertegas, jika akhirnya harus maju lewat jalur perseorangan, besar kemungkinan dia akan menggandeng Haji Masnuh.

“Karena beliau kemarin juga merencanakan lewat independen. Makanya saya punya krenteg ati (niat kuat) untuk berpasangan dengan beliau,” ujarnya.

Sementara Haji Masnuh menyambut hangat kehadiran Haidar. “Silaturahim itu kan baik. Soal Pilbup Sidoarjo, kita lihat nanti dinamika politik yang ada, kan sudah saling menjajaki. Masih banyak waktu,” kata mantan bendahara umum PBNU itu.

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo