Risma Tak Berhenti di Mensos, Ada Tugas Lanjutan di 2024!

TAK BERHENTI DI MENSOS: Tri Rismaharini, bakal ada tugas lanjutan dari PDIP di 2024. | Foto: Barometerjatim.com/IST
TAK BERHENTI DI MENSOS: Tri Rismaharini, bakal ada tugas lanjutan dari PDIP di 2024. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengamat Politik Pemerintahan, Surokim Abdussalam memprediksi akan ada penugasan lain dari PDIP untuk Tri Rismaharini alias Risma di 2024 jika berhasil mengemban amanat sebagai Menteri Sosial.

“Ya, sepertinya akan ada penugasan lanjutan jika Bu Risma berhasil. Tugas ini jadi test cast awal Bu Risma di level nasional,” kata Surokim kepada Barometerjatim.com, Selasa (19/1/2021).

“Dan Bu Risma harus bisa menunjukkan sesuatu untuk menjawab test cast itu, jika ingin tetap menjaga peluang di level nasional,” sambung pengamat yang juga peneliti di Surabaya Survey Center (SSC) tersebut.

Apakah tugas lanjutan di 2024 itu bertarung di Pilgub Jatim, Pilgub DKI, atau bahkan Pilpres? “Sepertinya ada tanda-tanda akan diajukan ke Pilgub DKI,” ucapnya.

Dengan catatan, tandas Surokim yang juga dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura (UTM), respons publik dan pasar positif terhadap Risma, dan apakah tugas awal di Kemensos berhasil atau tidak.

“Jadi memang Bu Risma dituntut untuk bisa kerja di Kemensos yang akseleratif, progresif, dan bisa menunjukkan gebrakan yang positif,” katanya.

Pilkada DKI Jakarta berikutnya kemungkinan akan digelar pada 2024 meski kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan selesai pada 2022.

Hal itu merujuk Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Pilkada yang masa jabatan pemimpin daerahnya berakhir pada 2022 dan 2023 digelar secara nasional pada 2024 — kecuali wacana revisi bersambut.

Risma sendiri, usai dilantik pada 23 Desember 2021, langsung tancap gas dengan membuat sejumlah gebrakan. Mulai menyisir gelandangan di ibu kota, hingga tak mau Kemensos ketinggalan dalam bidang IT.

Terlebih, urusan IT, Kemensos masih tertinggal bahkan dari Pemkot Surabaya yang memiliki kecanggihan lewat Command Center (CC) 112.

“Jadi saya tunjukkan teman-teman, bahwa kita semua sudah elektronik dan semua sudah bisa dimonitor secara elektronik,” katanya usai mengajak jajarannya di Kemensos mengunjungi Command Center 112 di Siola, 16 Januari 2021.

» Baca Berita Terkait Risma, Kemensos