Pengamat: Risma Kaget Lihat IT Kemensos Masih Amburadul!

KUNKER KE SURABAYA: Mensos Risma saat kunjungan kerja di Surabaya, Sabtu (16/1/2021). | Foto: Barometerjatim.com/IST
KUNKER KE SURABAYA: Mensos Risma saat kunjungan kerja di Surabaya, Sabtu (16/1/2021). | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kunjungan Menteri Sosial, Tri Rismahari alias Risma ke Surabaya untuk menunjukkan jajarannya soal kecanggihan Command Center (CC) 112 milik Pemkot, seolah membuka mata publik kalau selama ini sistem Information Technology (IT) Kemensos masih amburadul.

“Sepertinya Bu Risma kaget dan tidak menduga sebelumnya, jika Kemensos ketinggalan IT dengan Pemkot Surabaya,” nilai Pengamat Politik Pemerintahan, Surokim Abdussalam, Senin (18/1/2021).

“Bu Risma jelas kaget, mungkin juga heran kok bisa lembaga pusat IT-nya masih amburadul begitu, he.. he.. he.. ” tandas pengamat yang juga dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut.

Dengan mengajak jajarannya mengunjungi Command Center 112, lanjut Surokim, Risma tentu ingin jalan pintas dan percepatan, sehingga langsung diajak melihat sistem IT Pemkot sebagai best practice.

“Saya amati Bu Risma ingin melakukan percepatan bidang IT ini sebagai jalan pintas mereformasi sistem kerja Kemensos,” katanya.

Risma juga memperlihatkan cara Suroboyoan dalam mengajari stafnya. Tidak perlu memberi penjelasan panjang lebar, tapi langsung diperlihatkan bentuknya.

“Itu cara cepat kulturalis menurut saya, Bu Risma jelas ingin menyadarkan stafnya biar juga tersadar soal ketertinggalan bidang IT ini,” tandasnya.

Bagi Surokim. Risma harus memberi prioritas untuk IT guna mereformasi tata kerja Kemensos, karena itu yang akan mudah terlihat dan dirasakan sebagai gebrakan.

“Bu risma jelas ingin mentransfer pengalamannya membangun IT ke Kemensos, dan dengan cara ini Bu Risma ingin IT Kemensos dipercepat bisa akseleratif,” ucapnya.

“Bu Risma jelas kaget, mungkin juga heran kok bisa lembaga pusat IT-nya masih amburadul begitu, he.. he.. he..”

Sebelumnya, Sabtu (16/1/2021), Risma mengajak jajarannya di Kemensos mengunjungi Command Center 112 untuk memperlihatkan kecanggihan sistem IT Pemkot Surabaya yang dibangunnya saat menjadi wali kota.

Bahkan, Risma merasa mengalami kemunduran ketika menjabat Mensos. “Lha aku dulu semuanya elektronik, sekarang aku masih nulis, pakai bolpoin lagi, he.. he.. Lha saya tunjukkan, ketika (jadi) Mensos mundur, he.. he..” katanya tergelak.

“Jadi saya tunjukkan teman-teman, bahwa kita semua sudah elektronik dan semua sudah bisa dimonitor secara elektronik,” tandasnya.

Apakah sistem Command Center 112 akan diterapkan di Kemensos? “Ya tadi ngomongnya gitu, tapi masih tidak bisa kan, karena jangan sampai kita bersinggungan dengan daerah. Nanti aku dikira pencitraan lagi,” ujarnya seraya tersenyum.

» Baca Berita Terkait Risma, Kemensos