PSBB Jilid 3, Sidoarjo Fokus Usir Corona di Tingkat Desa

PERPANJANG PSBB: Bersama Surabaya dan Gresik, Sidoarjo perpanjang PSBB hingga 8 Juni. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PERPANJANG PSBB: Bersama Surabaya dan Gresik, Sidoarjo perpanjang PSBB hingga 8 Juni. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selain Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo sepakat memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 14 hari lagi, mulai 26 Mei hingga 8 Juni 2020.

Keputusan tersebut diambil, mengingat penyebaran Corona (Covid-19) di Kota Delta bukannya melandai, tapi justru melonjak meski sudah dua kali diterapkan PSBB — 28 April-11 Mei (jilid 1) dan  12-25 Mei (jilid 2).

“Hasil evaluasi kemarin, kami sepakat bersama Gresik dan Surabaya untuk melanjutkan penanganan Covid-19 ini sampai yang ketiga,” kata Sekda Kabupaten Sidoarjo, Ahmad Zaini di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (25/5/2020) malam.

“Untuk Sidoarjo, kemarin sudah kita evaluasi bersama, bahwa tren dari penyebaran ini masih sangat tinggi. Hari ini saja angka confirm tumbuh 30, sehingga menjadi 533,” sambungnya.

Adakah terobosan baru dalam PSBB jilid 3 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Delta?

Menurut Zaini ada beberapa tambahan yang diakomodir dalam Peraturan Bupati (Perbub) untuk PSBB jilid III. Pertama, menekankan pemberdayaan di tingkat desa maupun RT/RW untuk penurunan transmisi dari luar maupun lokal.

“Selanjutnya kami tambahkan juga untuk kampung tangguh. Sudah kami masukkan dalam revisi Perbup, sehingga di jilid 3 kami lebih fokus untuk pemberdayaan di masing-masing desa, khususnya zona merah,” terangnya.

“(Desa zona merah) sudah cukup banyak di Sidoarjo, sehingga nanti penanganannya akan lebih difilter para RT/RW dan relawan yang ada di posko masing-masing,” sambungnya.

Bagaimana dengan pembiayaan? “Nanti pembiayaan semua dicover masing-masing dana desa. Dana desa kami berdayakan, sekaligus menumbuhkan kegotongroyongan masyarakat sekitar,” tandas Zaini.

Secara khusus, Zaini juga mengajak Surabaya dan Gresik untuk bekerja sama, agar upaya menekan penyebaran Covid-19 bisa segera turun.

“Kalau saat ini masih naik, masih tinggi, harapan kami di PSBB ketiga dengan aksi-aksi yang nyata, kami harapkan landai,” ucap Zaini.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona, PSBB