Perangi Corona, Relawan Ning Lia Sasar 38 RW di Surabaya

LAWAN CORONA: Yusub Hidayat, relawan Lia Istifhama turun lakukan penyemprotan disinfekatan. | Foto: Barometerjatim/NATHA LINTANG
LAWAN CORONA: Yusub Hidayat, relawan Lia Istifhama turun lakukan penyemprotan disinfektan. | Foto: Barometerjatim/NATHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya bergerak di media sosial, relawan Lia Istifhama juga terjun ke masyarakat untuk sosialisasi pencegahan virus Corona (Covid-19). Mulai dari melakukan penyemprotan disinfektan hingga berbagi masker dan hand sanitizer.

“Kita turun melakukan penyemprotan disinfektan, selain karena kepedulian kami terhadap wabah Corona, juga karena permintaan masyarakat,” terang Ketua Tim Relawan Lia Istifhama, Yusub Hidayat, Minggu (29/3/2020).

Saking banyaknya permintaan, lanjut Yusub, dalam sehari relawan bisa sampai tiga kali melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik RT (Rukun Tetangga).

“Dalam dua minggu terakhir, kita bahkan sudah menyasar 38 RW (Rukun Warga) di empat kecamatan. Semua atas permintaan warga yang kita koordinasikan dengan RT maupun RW setempat untuk melakukan penyemprotan,” papar Yusub.

“Jadi kita datang atas permintaan masyarakat, tidak ujuk-ujuk datang lalu melakukan penyemprotan di empat kecematan tersebut, bukan seperti itu. Ada koordinasi dengan RT dan RW setempat,” tandasnya.

Empat kecamatan yang dimaksud Yusub yakni Semampir, Kenjeran, Wonokromo dan Wonocolo. “Nanti akan bergerak juga ke kecamatan lainnya, tapi untuk saat ini 38 elemen relawan Ning Lia masih bergerak di basis wilayah masing-masing,” katanya.

Tak hanya melakukan penyemprotan, berbagai masker dan hand sanitizer, tapi para relawan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya dan pencegahan Covid-19.

“Itu adalah bentuk tanggung jawab moral kita sebagai relawan, dan mengajak warga tetap waspada tapi jangan sampai panik menghadapi wabah Corona ini,” ucapnya.

Bagaimana dengan keamanan relawan? “Mereka yang turun sudah kita kasih pelatihan, serta perlengkapan di lapangan, misalnya masker dan pakaian sesuai standar kesehatan,” ujarnya.

Lewat sosialisasi ini, Yusub berharap masyarakat betul-betul paham dengan Corona. “Ini virus perlu diwapadai, sehingga anjuran pemerintah harus kita laksanakan. Termasuk membiasakan pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Anggaran Swadaya Relawan

TERJUN KE MASYARAKAT: Lia Istifhama (kiri), turun bersama relawan lakukan penyemprotan disinfekatan. | Foto: IST
TERJUN KE MASYARAKAT: Lia Istifhama (kiri), turun bersama relawan lakukan penyemprotan disinfekatan. | Foto: IST

Soal anggaran, Yusub menyebut semuanya dari swadaya relawan, tidak ada donatur. “Tidak ada, semua dari relawan. Kita hanya berharap pemerintah bisa bersama-sama. Ini urusan pencegahan Corona, enggak ada sosialisasi terkait Pilwali Surabaya,” jelasnya.

Yusub menambahkan, saat ini relawan juga tengah menyiapkan wastafel portabel yang akan dilengkapi dengan sabun cuci tangan serta hand sanitizer.

“Nanti akan ditempatkan di sejumlah Ormas, semisal Nahdlatul Ulama (NU) serta masjid-masjid untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mencegah Corona di tempat-tempat tersebut,” pungkas Yusub.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona