Positif Corona Jadi 77, Khofifah: Jatim Butuh Waspada Berlapis!

CORONA DI JATIM: Khofifah, Jatim butuh kewaspadaan berlapis hadapi Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CORONA DI JATIM: Khofifah, Jatim butuh kewaspadaan berlapis hadapi Corona. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan berlapis, mengingat penyebaran virus Corona (Covid-19) di provinsi yang dipimpinnya kian meluas.

“Saya ingin mengajak kembali, tidak henti-hentinya kami mengimbau, bahwa penyebaran Covid-19 dari hasil tracing, percepatannya sudah harus membutuhkan kewaspadaan berlapis,” pinta Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (28/3/2020).

Dari update yang disampaikan Khofifah hari ini, ada tambahan 11 lagi pasien positif Corona di Jatim, atau naik menjadi 77 dari sehari sebelumnya 66 orang.

“Tujuh di antaranya di Surabaya, Magetan satu orang, Sidoarjo tambahan lagi satu orang, Gresik tambah positif satu orang, dan Kota Kediri ini adalah baru, positif satu orang,” bebernya.

Selain 77 orang terkonfirmasi positif Covid-19, dari hasil tracing, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga naik menjadi 307 dari sehari sebelumnya 267. Begitu pula Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik menjadi 4.568 dari sebelumnya 3.781.

Khofifah menambahkan, kewaspadaan berlapis artinya berbagai SOP apakah hal itu berkaitan dengan physical distancing, pola hidup bersih dan sehat, hingga berbagai format perlindungan diri harus lebih ditingkatkan.

“Kami tetap melakukan berbagai kesiapsiagaan berlapis juga. Kami baru saja melakukan koordinasi dengan ketua DPRD Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, dan Pangko Armada II,” katanya.

Sinergi ini dibutuhkan untuk membangun sinergitas hulu-hilir. Mulai Babinsa, Babinkamtibmas, kepala desa, lurah, Kapolsek, Danramil, camat. Begitu pula di kabupaten/kota ada Dandim, Kapolres, bupati, hingga wali kota.

“Posisi ini harus berseiring, sama-sama beriktiar dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang harus lebih efektif lagi. Termasuk sama-sama membangun kedisplinan untuk tidak keluar rumah, kecuali untuk sesuatu yang sangat penting,” paparnya.

Khofifah juga men-update tambahan rumah sakit rujukan. “Bertambah lagi hari ini dua rumah sakit rujukan di Jatim. Kemain 73, sekarang 75, seluruh bed menjadi 2.238,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona