Konser Ari Lasso, Khofifah Sebut Bukan Program Pemprov Jatim!

BAHAS RENCANA KONSER: Khoffah dan Ari Lasso di kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim di Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
RENCANA KONSER: Khoffah dan Ari Lasso di kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim di Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menegaskan rencana konser di tempat wisata Ngopibareng Pintu Langit, Prigen, Pasuruan — milik mantan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) — bukan program Pemprov Jatim.

“Tidak ada program Pemprov menyelenggarakan konser, wis! (sudah),” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (27/8/2020).

Konser bertajuk “Selaras Bersama New Normal” tersebut akan digelar 12 September mendatang dengan menghadirkan artis ibu kota Ari Lasso, Luna Maya serta pedangdut Via Vallen.

Sejumlah pihak pun angkat bicara, ramai-ramai mengkritik rencana konser yang digelar di tengah pandemi. Termasuk dokter Windu Purnomo, pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, serta tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Ali Azhara.

Tapi, sekali lagi, Khofifah menegaskan konser tersebut bukan program Pemprov Jatim. “Tidak ada, tidak ada!” tandas gubernur perempuan pertama di Jatim yang juga ketua umum PP Muslimat NU itu.

Sebelumnya, saat menerima Gus Ipul di Grahadi, Senin (24/8/2020) malam, Khofifah menyebut konser tersebut merupakan uji coba pertama di Indonesia. “Kebetulan Jatim dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan,” katanya.

Khofifah juga memastikan, konser yang diketahui merupakan program milik Ari Lasso bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu, akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Di antaranya membatasi jumlah penonton, pembelian tiket secara online, dan penonton wajib bermasker serta menjaga jarak.

Melalui gelaran tersebut, Khofifah berharap industri kreatif dan seni kembali menggeliat, namun dengan sangat kehati-hatian karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Selain bertemu dengan Gus Ipul, Khofifah juga sudah bertemu dengan Ari Lasso dan timnya di Kantor Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim di Jakarta, Sabtu (22/8/2020).

Pertemuan, termasuk membahas detail persiapan konser yang akan digelar open space dengan melibatkan ribuan penonton. “Saya meminta agar semuanya secure bagi seluruh yang terlibat, termasuk penonton,” pintanya.

Ikatan dengan Jatim

DISOROT: Ari Lasso, rencana gelar konser di tengah pandemi di tempat wisata milik Gus Ipul. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
DISOROT: Ari Lasso, rencana gelar konser di tengah pandemi di tempat wisata milik Gus Ipul. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara Ari Lasso, usai melakukan presentasi di depan Khofifah, meminta dukungan dari warga Jatim agar konser berjalan lancar, termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Teman-teman tidak perlu berbondong-bondong, nanti tunggu saja pengumumannya akan ditayangkan di mana. Kapasitasnya sangat kecil karena menjaga protokol, teman-teman juga akan tetap bisa nonton dari rumah,” katanya.

Ari menyebut, konser ini memang bukan yang pertama digelar di Tanah Air, tapi yang pertama di Jatim. Soal kenapa memilih Jatim, karena mantan vokalis Dewa 19 itu memang punya ikatan emosional.

“Saya lahir di Madiun, besar di Surabaya, merintis karir di Surabaya. Dewa 19 lahir di Surabaya, salah satu fansbase dan teman-teman saya juga di Jatim. Rasanya Jatim tak bisa dilepaskan dari Ari Lasso,” jelasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona